Perkenalkan Honda MetaWorld, Dunia Honda dalam Alam Metaverse Indonesia
PT Honda Prospect Motor dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk berkolaborasi mengembangkan Honda MetaWorld. Ini platform dunia virtual (metaverse) yang mana penggunanya dapat saling terhubung dan berinteraksi seperti di dunia nyata.
PT Honda Prospect Motor dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk berkolaborasi mengembangkan Honda MetaWorld. Ini platform dunia virtual (metaverse) yang mana penggunanya dapat saling terhubung dan berinteraksi seperti di dunia nyata.
Kolaborasi ini (Honda MetaWorld) bagian dari platform metaNesia yang dikembangkan PT Telkom, sebagai metaverse pertama dan terbesar di Indonesia.
-
Bagaimana Repsol dan Honda menunjukkan kolaborasi mereka? Selama masa kerjasama, Repsol dan Honda berhasil mengumpulkan 455 podium, 183 kemenangan, serta 15 gelar dunia yang diraih oleh enam pembalap yang berbeda.
-
Siapa pendiri Honda? Honda, yang merupakan produsen terkemuka dari Jepang, dikenal luas dalam produksi sepeda motor dan mobil. Perusahaan ini, yang secara resmi bernama Honda Motor Company, Ltd atau dikenal di Jepang sebagai Honda Giken, didirikan oleh insinyur bernama Soichiro Honda pada tanggal 24 September 1948.
-
Apa itu Honda? Honda adalah konglomerat multinasional dari Jepang yang dikenal dengan produksinya yang meliputi mobil, sepeda motor, dan peralatan daya.
-
Bagaimana Honda memulai produksi sepeda motor? Honda memulai dengan mengadaptasi mesin sepeda motor kecil berpenggerak dua tak agar dapat dijalankan. Mesin ini kemudian dipasang pada rangka sepeda yang dibuat oleh para pekerja di pabrik Hamamatsu.
-
Kapan Wuling Motors memulai ekspansi ke sektor otomotif di Indonesia? Pada tahun 2015, Wuling Motors memulai ekspansi ke sektor otomotif di Indonesia dengan mendirikan pabrik di Greenland International Center (GIIC), Cikarang, Jawa Barat.
Ada apa saja di Honda MetaWorld?
Untuk masuk ke dalam Honda MetaWorld, Anda mesti mengunduh aplikasi metaNesia di laman honda-indonesia.com atau melalui aplikasi Google Play.
Kini Honda MetaWorld menyediakan lebih banyak area yang dapat dieksplorasi pengunjung, termasuk Brio Skate Park, Virtual Stage, Residential Area, Urban Area, dan Test Drive Area.
Di sini pengunjung dapat mengendarai mobil terbaru: Honda WR-V secara virtual.
Menariknya, avatar para pengunjung di Honda MetaWorld kini dibuat lebih interaktif dengan teknologi Mic and Chat. Pilihan gestur dan ekspresinya lebih bervariasi, serta fitur selfie yang mana pengunjung dapat menyimpan foto avatarnya di berbagai area Honda MetaWorld.
Semakin menarik, Honda berencana menggelar berbagai aktivitas dan permainan. Seperti kumpul komunitas dan talkshow virtual, kompetisi balap, dan sebagainya.
Tentu para pengunjung juga dapat mengenal lebih dekat tentang produk-produk Honda melalui berbagai informasi interaktif, melihat eksterior-interior mobil, dan mengunjungi laman serta media sosial melalui link di berbagai area Honda MetaWorld.
Yulian Karfili, Public Relations & Digital Strategy Senior Manager Honda Prospect Motor, menjelaskan Honda MetaWorld hadir sebagai salah satu inovasi untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi terkini. Tujuannya untuk mendekatkan diri dengan masyarakat terutama Gen Z, generasi yang lahir di era teknologi digital.
"Kami berharap kolaborasi ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus mengembangkan kreativitas berbasis digital di Indonesia,” ujar Yulian dalam jumpa pers secara daring, Rabu (8/2).
©2023 Merdeka.com
Hadir pertama pada tahun lalu, Honda tercatat sebagai agen pemegang merek pertama di Indonesia yang hadir di metaverse. Berbeda dengan konsep showroom mobil virtual Honda sebelumnya, Honda MetaWorld yang diperkenalkan pada tahun ini menampilkan konsep kota Honda dengan area permainan yang 60 kali lebih besar dibanding versi sebelumnya. Fitur-fiturnya lebih atraktif, teknologi lebih interaktif dengan lebih banyak hiburan serta aktivitas di dalamnya.
David Cuh Sihotang, Product Manager Telkom Indonesia, menambahkan kolaborasi antara Telkom dan Honda merupakan komitmen menerapkan teknologi baru seperti metaverse, untuk mendukung aktivitas ekonomi kreatif di Indonesia.
"Pembuatan virtual showroom Honda di metaNesia diharapkan meningkatkan minat masyarakat terhadap produk Honda, sekaligus melakukan adaptasi pada teknologi baru seperti metaverse," jelasnya.
Baru berusia satu tahun, lanjut David, jumlah pengguna metaNesia sekitar 10.000 pengguna. Tahun ini ditargetkan jumlah penggunanya naik 2-3 kali lipat menjadi 20-30.000 pengguna.
Platform metaNesia sebagian besar Gen-Z. Segmen yang berada di rentang usia antara 9-24 tahun ini salah satu populasi terbesar di Indonesia, serta mempunyai karakteristik sangat terbuka dan cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital. Bagi Honda, segmen ini juga merupakan bagian terbesar dari segmen pembeli mobil pertama (first time buyers) saat ini dan masa depan.
Ini dibuktikan dari penjualan Honda Brio, yanag mana sekitar 70 persen dari total konsumennya merupakan pembeli mobil pertama.
Selain melalui platform metaverse, Honda juga aktif menggunakan platform digital untuk berkomunikasi dengan konsumen di segmen anak-anak muda. Antara lain aplikasi game Brio Virtual Drift Challenge, Virtual Modification, Honda Racing Simulator Championship, dan berbagai aktivitas di media sosial.
(mdk/sya)