5 Cara Main Rubik 4x4 Bagi Pemula, Disertai Rumus Cepat dan Mudahnya
Kubus rubik 4x4 masih bisa diselesaikan dengan mengelompokkan 4 pusat dan pasangan tepi bersama-sama. Hingga akhirnya bisa diselesaikan layaknya main rubik 3x3. Beberapa speedcuber dapat memecahkan kubus 4x4 ini dalam waktu kurang dari 30 detik.
Cara main rubik 4x4 terbilang lebih rumit daripada metode kubus rubik klasik. Tapi jika sudah tahu cara menyelesaikan 3x3, maka Anda juga tidak akan mengalami kesulitan dengan yang satu ini.
Apalagi main rubik 4x4 bisa menjadi solusi mengurangi stres. Mengisi waktu jenuh dengan hal positif bagi sebagian orang. Lantaran bisa melatih otak sembari bersantai.
-
Bagaimana cara menyusun rubik 3x3? Untuk Anda yang ingin segera menyelesaikan permainan rubik 3x3, berikut adalah langkah mudahnya yang berhasil dilansir dari Liputan6.com, Senin (15/1).
-
Bagaimana cara menyelesaikan rubik 3x3? Salah satu rumus menyelesaikan rubik yang mudah untuk dipraktikan:1. Fokus pada satu warna. Karena tidak mungkin bisa menyamakan beberapa warna sekaligus hanya dengan beberapa kali putar. Anda harus fokus dulu di salah satu warna. Misal warna patokan merah.2. Bentuk Cross merah dengan Center warna kuning. Cross disini merupakan pola mirip simbol "+". 3. Membentuk Cross merah secara sempurna. Lalu samakn warna top layer (edge) yang bersebelahan kotak merah dengan centernya.4. Sempurnakan layar utama. Ini memang cukup rumit, namun Anda bisa menggunakan rumus algoritama L' U' L dan R U R'.5. Kemudian sempurnakan layar kedua. Fokus kembali pada satu sisi semisal warna putih, lalu carilah edge dan center berwarna putih. Selanjutnya putar ke arah layer putih hingga terbentuk pola "T" berwarna putih. Kemudian gunakan rumus algoritma U R U' R' tau U' L' U L untuk menyempurnakan layer dua. 6. Sempurnakan layar ketiga, yakni membentuk cross pada warna kuning. Putarlah edge yang bersebelahan dengan notasi F R U R' U' F'. Lalu untuk edge yang berseberangan menggunakan notasi f R U R' U' f'. Setelah sisi kuning terbentuk, lakukan pemutaran pada bagian cornernya dengan rumus R U R' U R U U R'.7. Sempurnakan layar keempat. Setelah sisi berwarna kuning terbentuk sempurna, barulah menyelesaikan sisi-sisi lain yang masih memiliki warna edge tak selaras. Rumus yang bisa digunakan R U R' F' R U R' U' R' F R2 U' R' U'. Serta tambahkan rumus R U' R U R U R U' R' U' R2 jika ada bagian yang belum sempurna.8. Sempurnakan semua layar. Jika ada edge dan corner yang berlainan warna, maka Kamu bisa merampungkan permainan dengan rumus R2 U R U R' U' R' U' R' U' R'. dan selamat Anda berhasil menyelesaikan rubik 3x3.
-
Bagaimana cara menyelesaikan Rubik 3x3 dengan rumus yang mudah? Salah satu rumus menyelesaikan rubik yang mudah dipraktikkan ialah sebagai berikut:â¨â¨1. Fokus pada satu warna. Karena tidak mungkin bisa menyamakan beberapa warna sekaligus hanya dengan beberapa kali putar. Anda harus fokus dulu di salah satu warna. Misal warna patokan merah. 2. Bentuk Cross merah dengan Center warna kuning. Cross disini merupakan pola mirip simbol "+".3. Membentuk Cross merah secara sempurna. Lalu samakn warna top layer (edge) yang bersebelahan kotak merah dengan centernya.4. Sempurnakan layar utama. Ini memang cukup rumit, namun Anda bisa menggunakan rumus algoritama L' U' L dan R U R'. 5. Kemudian sempurnakan layar kedua. Fokus kembali pada satu sisi semisal warna putih, lalu carilah edge dan center berwarna putih. Selanjutnya putar ke arah layer putih hingga terbentuk pola "T" berwarna putih. Kemudian gunakan rumus algoritma U R U' R' tau U' L' U L untuk menyempurnakan layer dua. 6. Sempurnakan layar ketiga, yakni membentuk cross pada warna kuning. Putarlah edge yang bersebelahan dengan notasi F R U R' U' F'. Lalu untuk edge yang berseberangan menggunakan notasi f R U R' U' f'. Setelah sisi kuning terbentuk, lakukan pemutaran pada bagian cornernya dengan rumus R U R' U R U U R'.7. Sempurnakan layar keempat. Setelah sisi berwarna kuning terbentuk sempurna, barulah menyelesaikan sisi-sisi lain yang masih memiliki warna edge tak selaras. Rumus yang bisa digunakan R U R' F' R U R' U' R' F R2 U' R' U'. Serta tambahkan rumus R U' R U R U R U' R' U' R2 jika ada bagian yang belum sempurna.8. Sempurnakan semua layar. Jika ada edge dan corner yang berlainan warna, maka Kamu bisa merampungkan permainan dengan rumus R2 U R U R' U' R' U' R' U' R'. dan selamat Anda berhasil menyelesaikan rubik 3x3.
-
Bagaimana cara menyelesaikan Rubik 3x3 secara umum? Cara menyelesaikan rubik 3x3 bisa dengan mengikuti beberapa rumus yang ada. Berikut salah satu rumus menyelesaikan rubik yang mudah untuk dipraktikan: 1. Fokus pada satu warna. Karena tidak mungkin bisa menyamakan beberapa warna sekaligus hanya dengan beberapa kali putar. Anda harus fokus dulu di salah satu warna. Misal warna patokan merah.
-
Kenapa rubik 3x3 menarik? Menyelesaikan rubik 3x3 ini bisa memicu tantangan serta logika yang sangat menarik, sehingga akan membuat para pemainnya ketagihan dalam menyusun warna di setiap sisinya.
-
Siapa pencipta rubik 3x3? Permainan teka-teki bentuk kubus ini diciptakan oleh seorang pemahat dan profesor arsitektur Hongaria, bernama Erno Rubik pada tahun 1978 silam.
Permainan teka-teki bentuk kubus ini memang sudah berkembang dengan berbagai variasi. Sesuai dengan minat dan keinginan dari para pemain rubik. Semakin berkelok-kelok, maka tingkat tantangannya makin tinggi pula. Tingkat kemungkinan permutasi dalam memecahkan teka-teki, menjadi kebahagiaan tersendiri.
Kubus rubik 4x4 masih bisa diselesaikan dengan mengelompokkan 4 pusat dan pasangan tepi bersama-sama. Hingga akhirnya bisa diselesaikan layaknya main rubik 3x3. Beberapa speedcuber dapat memecahkan kubus 4x4 ini dalam waktu kurang dari 30 detik.
Mari simak lebih lanjut cara main rubik 4x4 bagi pemula. Supaya lebih mahir, usai mengikuti rumus cepat dan mudahnya.
Notasi Rubik 4x4
Sebelum melangkah pada cara main rubik 4x4, alangkah baiknya kita mengenali dulu notasi dalam memutar rotasi. Hal ini akan mempermudah dalam memecahkan teka-teki.
Gunakan huruf untuk menandai rotasi pada kubus, mirip dengan notasi kubus rubik biasanya. Dilansir dari Ruwix, belokan dalam saat memindahkan dua huruf bersama-sama.Tapi bisa menentukan belokan irisan saat memindahkan lapisan kedua saja. Seperti menggunakan notasi NxNxN resmi:
ruwix.com ©2021 Merdeka.com
F - Muka depan luar searah jarum jam
U '- Muka luar ke atas berlawanan arah jarum jam
L2 - Putar dua kali sisi kiri wajah (180o)
Fw - Gerakan blok luar: dua sisi depan menyatu searah jarum jam.
Untuk kubus rubik 4x4 karena angkanya selalu 2: 2Rw '. Tutorial lainnya menggunakan huruf kecil untuk menandai belokan ganda.
f - Huruf kecil menandai putaran irisan bagian dalam.
u '= Uw' U
Dasar Pergerakan dalam Rubik
Bagi pemula yang masih bermain rubik, alangkah baiknya membiasakan diri dengan dasar pergerakan rubik. Hal ini sama dengan menyelesaikan rubik 3x3.
Semakin sering bermain rubik 3x3, makan akan terbiasa dengan setiap istilah dan nama pergerakan ini. Lalu diterapkan untuk main rubik 4x4.
- R (Right): memutar sisi kanan rubik searah jarum jam.
- R' (R aksen): memutar sisi kiri rubik berlawanan arah jarum jam.
- L (Left): memutar sisi kiri rubik searah jarum jam.
- L' (L aksen): memutar sisi kiri rubik berlawanan arah jarum jam.
- U (Up): memutar sisi atas rubik searah jarum jam
- U' (U aksen): memutar sisi atas rubik berlawanan arah jarum jam.
- D (Down): memutar sisi bawah rubik searah jarum jam.
- D' (D aksen): memutar sisi bawah rubik berlawanan arah jarum jam.
- F (Front): memutar sisi depan rubik searah jarum jam.
- F' (F aksen): memutar sisi depan rubik berlawanan arah jarum jam.
- f (F kecil): memutar sisi depan 2 layer dari rubik searah jarum jam.
- f' (F kecil aksen): memutar sisi depan 2 layer dari rubik berlawanan arah jarum jam.
- B (Back) : memutar sisi belakang rubik searah jarum jam.
- B' (B aksen): memutar sisi belakang rubik berlawanan arah jarum jam.
Cara Main Rubik 4x4: Langkah 1
ruwix.com ©2021 Merdeka.com
Karena 4x4 tidak memiliki bagian tengah, Anda tetap harus menentukan warna setiap wajah. Pilih dua pusat yang berdekatan skema warna. Menghitung skema warna dari warna potongan sudut.
Jika Anda memiliki logo rubik di kubus, maka ini yang harus digunakan. Selesaikan dulu pusat yang berdekatan putih dan kuning. Jika tidak menemukan sudut yang memiliki dua warna ini bersebelahan, seharusnya tetap baik-baik saja.
Langkah ini seharusnya tidak menjadi masalah karena tidak ada bagian yang terpecahkan. Gunakan algoritma singkat ini untuk memasukkan bagian dari atas ke lapisan depan.
Dw' Rw' Dw ruwix.com ©2021 Merdeka.com
ruwix.com ©2021 Merdeka.com
Saat permukaan putih selesai, Cobalah untuk membuat balok kuning 2x2 pada sisi berlawanan dengan permukaan putih dipindahkan ke bawah. Dengan pusat putih selesai di bagian bawah: Rw U Rw 'dan Rw U2 Rw'.
Cara Main Rubik 4x4: Langkah 2
ruwix.com ©2021 Merdeka.com
Pindahkan pusat yang telah selesai ke sisi kiri dan kanan agar tidak menghalangi. Bangun blok pertama lalu perhatikan skema warna untuk blok berikutnya.
Gunakan algoritma yang sama seperti di atas, dengan pusat putih dan kuning di kiri dan kanan: Rw U Rw '.
Langkah 3: Memasangkan Tepi
ruwix.com ©2021 Merdeka.com
Blok tengah sudah selesai dan sekarang kita harus memasangkan tepinya. Gunakan algoritma seperti gambar di atas, untuk memasang dua tepi dari tepi kiri depan dan kanan depan.
Pastikan tidak ada tepi lengkap di atas bagian tepi bawah (ditandai dengan panah) karena algoritma ini akan memecahkannya.
Ketika potongan yang cocok berdampingan pada tingkat yang sama (gambar ke-3), Anda perlu membalikkan bagian kanan untuk bisa melakukan salah satu gerakan.
Gambar:
Kasus pertama: Uw L 'U' L Uw'
Kasus kedua: Uw' R U R 'Uw
Berdampingan: R U 'B' R2
Gambar di atas untuk menyelesaikan tepi terakhir: Dw R F 'U R' F Dw '.
Dw R F' U R' F Dw' ruwix.com ©2021 Merdeka.com
Saat mencapai dua tepi terakhir, maka Anda tidak akan dapat menggunakan pasangan tepi yang tidak cocok di lapisan atas. Karena semuanya telah dipasangkan. Gunakan trik R U 'B' R2 di atas jika potongan tidak sejajar dengan benar.
Langkah 4: Selesaikan Seperti Rubik 3x3
Dari titik ini bisa menyelesaikan kubus seperti rubik 3x3, memutar lapisan luar saja.
ruwix.com ©2021 Merdeka.com
Langkah 5: Kasus Paritas
Saat sudah mencapai lapisan terakhir, mungkin menemukan diri Anda dalam situasi di mana kubus tampaknya tidak dapat dipecahkan. Misalnya saat mencapai salib kuning dan satu sisi tampaknya berorientasi salah atau. Atau menemukan dua bagian di tempat yang benar saat memposisikan sudut lapisan terakhir. Lihat algoritma panjang di bawah ini:
ruwix.com ©2021 Merdeka.com
Ubah orientasi 2 dan 3:
r2 B2 U2 l - U2 r 'U2 r - U2 F2 r F2 - l' B2 r2
Hal yang sama tanpa gerakan irisan:
Rw2 R2 B2 U2 - Lw L 'U2 Rw' - R U2 Rw R '- U2 F2 Rw R' - F2 Lw 'L - B2 Rw2 R2
Tukar 4 dan 5:
Rw2 f2 U2 Fw2 - D Rw2 U2 Fw2 - U 'Fw2 L2 U2 - B2 Lw2 U
Algoritma yang sama tanpa gerakan irisan:
Rw2 Fw2 F2 U2 Fw2 - D Rw2 U2 Fw2 - U 'Fw2 L2 U2 - B2 Lw2 U
Tukar 1 dan 4:
F2 R2 B '- D' B R2 F 'U - Fw2 F L2 - f2 Lw2 - f2 l2 U' (ok)
Algoritma yang sama tanpa gerakan irisan:
F2 R2 B '- D' B R2 F 'U - Fw2 F L2 - Fw2 F2 Lw2 - Fw2 F2 Lw2 L2 U'
Cara Main Rubik 3x3
Selain rubik 4x4 berikut cara bermain rubik ukuran 3x3 dengan mudah. Rubik 3x3 terdiri dari 27 bagian kecil yang saling terhubung pada poros. Rubik ini terdiri dari 6 sisi, setiap bagian rubik memiliki nama masing-masing yaitu:
1. Center: bagian tengah rubik, posisinya paten alias tidak bisa dipindah-pindah.
2. Edge: bagian tengah di sisi samping rubik.
3. Corner: bagian ujung-ujung dari rubik.
4. Layer: terbagi menjadi 3 sisi, dimulai dari bawah ialah layer 1 kemudian layer 2, dan terakhir layer
5. U (Up): memutar sisi atas rubik searah jarum jam
6. U' (U aksen): memutar sisi atas rubik berlawanan arah jarum jam.
7. D (Down): memutar sisi bawah rubik searah jarum jam.
8. D' (D aksen): memutar sisi bawah rubik berlawanan arah jarum jam.
9. F (Front): memutar sisi depan rubik searah jarum jam.
10. F' (F aksen): memutar sisi depan rubik berlawanan arah jarum jam.
11. f (F kecil): memutar sisi depan 2 layer dari rubik searah jarum jam.
12. f' (F kecil aksen): memutar sisi depan 2 layer dari rubik berlawanan arah jarum jam.
13. B (Back) : memutar sisi belakang rubik searah jarum jam. 14. B' (B aksen): memutar sisi belakang rubik berlawanan arah jarum jam.