Canggih, proyektor ini mampu ubah bidang datar jadi layar interaktif
Merdeka.com - Di event SXSW 2016, SONY dengan Future Lab-nya menelurkan berbagai prototipe yang futuristik. Setelah membuat headset canggih 'SONY Concept N,' prototipe keren yang diperlihatkan oleh SONY adalah sebuah proyektor.
Dilansir dari The Verge (13/3), proyektor ini mampu membuat benda datar apapun menjadi layar yang dapat dijadikan media interaksi. Proyektor "Interactive Trabletop" ini menggunakan konsep sensor kedalaman dan pelacakan gestur dan gerak, untuk mengetahui di mana objek diletakkan. Dengan kecanggihan ini, bahkan sebuah buku cerita, bisa dibawa untuk menjadi nyata.
SONY memperagakan perangkat ini melalui sebuah buku cerita klasik, 'Alice in Wonderland.' Dengan perangkat proyektor yang diletakkan di atas sebuah meja, gambar yang ada di buku tersebut dapat ditarik keluar dari halaman menjadi sebuah animasi, dan bisa berinteraksi dengan benda lain yang ada di atas meja. Proyektor ini juga bisa merespon tekanan jari dengan melacak arah dari pergerakan tangan kita.
-
Bagaimana teknologi membantu media pembelajaran? Kaitan antara teknologi dan media pembelajaran adalah bahwa teknologi dapat membantu dalam pembuatan dan penyajian media pembelajaran. Dengan adanya kemajuan teknologi, media pembelajaran dapat menjadi lebih bervariasi, menarik, interaktif, dan efektif.
-
Apa kaitan teknologi dan media pembelajaran? Kaitan Teknologi dan Media Pembelajaran Teknologi dan media pembelajaran adalah dua hal yang saling berkaitan dan berpengaruh dalam proses belajar mengajar. Teknologi adalah penerapan ilmu pengetahuan untuk menciptakan, mengembangkan, dan memanfaatkan alat, metode, dan teknik yang dapat membantu dan memecahkan masalah dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dari sumber ke penerima. Media pembelajaran adalah media yang digunakan untuk mendukung, memfasilitasi, dan meningkatkan kualitas pembelajaran.
-
Bagaimana buku bisa membantu seseorang? Buku dapat membantu mengubah masa depan serta menambah kecerdasan akal dan pikiran seseorang. Selamat Hari Buku Sedunia.
-
Dimana teknologi dan media pembelajaran dapat membantu? Teknologi dan media pembelajaran dapat membantu guru dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, karakteristik, dan kebutuhan siswa.
-
Apa yang membuat membaca lebih baik dari bermain gadget? Sebuah temuan menarik dari penelitian ini adalah bahwa membaca untuk kesenangan pada usia dini ternyata lebih bermanfaat daripada waktu layar.
-
Apa contoh kata benda yang bisa dilihat? Misalnya, kata benda 'pelajar' mengacu pada kalangan siswa dan siswi yang masih belajar di bangku sekolah.
Meskipun teknologi ini masih dalam tahap pengembangan, Interactive Tabletop punya potensi besar. Sangat menarik jika dalam waktu dekat ada sebuah perangkat yang mampu mengubah buku cerita, menjadi sesuatu yang lebih interaktif. Tak hanya itu, dunia game juga akan lebih berwarna jika kita bisa memainkannya di medium apapun.
Interactive Tabletop © theverge.com
Interactive Tabletop © theverge.com
Interactive Tabletop © theverge.com
Interactive Tabletop © theverge.com
Sebelumnya teknologi serupa dapat kita temui melalui augmented reality yang ditawarkan Microsoft HoloLens. Dengan HoloLens, tayangan televisi atau film akan lebih interaktif dengan objek yang bisa keluar dari televisi, bahkan membuat meja kita jadi objek digital.
Namun Interactive Tabletop memberi lebih dari itu. Hanya dengan memasang proyektor yang mengarah ke meja, semua bisa jadi interaktif dan bisa kita lihat dengan mata telanjang. Tanpa perlu memasang headset seperti yang diperlukan untuk mendapatkan sensasi augmented reality.
Namun SONY masih belum akan memberi detil tentang harga maupun kapan perangkat ini bisa dipakai oleh konsumen.
(mdk/idc)Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya
Teknologi dan media pembelajaran adalah dua hal yang saling berkaitan dalam proses belajar mengajar. Dengan teknologi, media belajar bisa bervariasi.
Baca SelengkapnyaPemberian bantuan ini sebagai bentuk kontribusi positif yang dilakukan perusahaan
Baca SelengkapnyaVideotron adalah salah satu media promosi dan iklan yang menggabungkan teknologi tampilan video dengan layar besar.
Baca SelengkapnyaMeta mengungkap kacamata AR baru bernama Orion yang dikendalikan oleh otak. Teknologi ini berpotensi menggantikan smartphone dan TV.
Baca SelengkapnyaDesain rak buku yang sesuai dengan selera dan kebutuhan tidak hanya membantu penataan buku, tetapi juga meningkatkan estetika ruangan secara keseluruhan.
Baca SelengkapnyaDulunya cuma fiksi ilmiah, namun berkembangnya zaman "halusinasi" itu menjadi kenyataan.
Baca Selengkapnya