Industri game sumbang 1 persen PDB ekonomi kreatif
Merdeka.com - Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf), Hari Sungkari mengatakan Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif pada tahun 2015 sebesar Rp 700 triliun. Dari angka tersebut, 1 persennya merupakan kontribusi dari aplikasi dan games.
"1 persen dari PDB adalah game dan aplikasi," ujar Hari kepada awak media seusai acara Indonesia Games Championship yang digelar oleh Telkomsel di Jakarta, Kamis (23/2).
Kendati kontribusi games dan aplikasi masih kecil, namun market size untuk game sendiri terus meningkat tiap tahunnya. Kata dia, market size industri games di Indonesia, tahun 2014 USD 181 juta dan pada tahun 2015 USD 321 juta.
-
Mengapa industri game di Indonesia terus berkembang? Dengan semakin berkembangnya digitalisasi dan jumlah pemain game yang bertambah, serta dukungan dari ekosistem yang kuat, kedua industri ini diprediksi akan terus tumbuh dengan pesat.
-
Apa itu perkembangan teknologi? Perkembangan teknologi adalah fenomena yang tidak dapat dielakkan dalam kehidupan manusia.
-
Dimana judi online berdampak negatif terhadap ekonomi? Mengutip laporan The Guardian pada September 2024, Menteri Inggris didesak untuk menaikkan pajak pada industri judi online bernilai miliaran poundsterling. Desakan ini bermula dari sebuah laporan yang mengklaim bahwa sektor ini berdampak negatif terhadap perekonomian Inggris.
-
Apa tujuan permainan? Tujuan dari permainan ini adalah Pak Empo menemukan anting (suweng) yang disembunyikan seseorang.
-
Dimana permainan itu ditemukan? Penemuan ini terjadi di Taman Nasional Maresha-Bet Guvrin, yang terletak di Bukit Yudea, juga dikenal sebagai Shephelah, Israel.
-
Apa pengaruh video game terhadap kecerdasan anak? Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain video game dapat meningkatkan kecerdasan anak.
"Diperkirakan pada tahun 2016 itu mencapai USD 600-USD 700 juta untuk games. Target 2017, kontribusi aplikasi dan games naik 2 persen. karena kalau didiamkan akan turun di bawah 1 persen," katanya.
Dengan prediksi angka itu, bukan tidak mungkin industri games sendiri mampu menyumbang kontribusi PDB pada sektor ekonomi kreatif lebih besar. Berdasarkan hitungannya, sampai tahun 2020 kontribusi game terhadap PDB ekonomi kreatif bisa mencapai 20 persen.
"Kita harus lihat segmen target mana yang memang menjadi target segmennya developer Indonesia dan konsumen Indonesia. Jangan membuat produk-produk yang berkonflik dengan yang sudah ada," jelasnya.
Untuk mencapainya, kata dia, developer lokal juga mestinya menciptakan hal yang berbeda dari games yang ada. Seperti mengangkat kearifan lokal.
"Misalnya ada yang membuat game pocong, game tahu bulat, game pangeran pangeran di Penogoro. Cari game-game manual lokal yang bisa dibuat," imbuhnya.
BeKraf sendiri, berupaya memfasilitasi bekerjasama dengan provider. Menyediakan sentra-sentra studio game yang mana akses internet belum ada. Selain itu, membuat ruang-ruang kreatif supaya bisa berkarya. Dengan sinergi itu, akan terjadi akseslerasi.
"Total ruang kreatif sebanyak 19 tempat di seluruh Indonesia. Kita memberikan bantuan berupa perbaikan ruangan atau akses internet, jadi kita fasilitasi," tuturnya.
(mdk/idc)Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya
Langkah-langkah ini guna mendorong ekonomi kreatif di Indonesia semakin semarak.
Baca SelengkapnyaBanyak orang yang rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar hanya untuk game online.
Baca SelengkapnyaIndustri telekomunikasi dan game di Indonesia tengah mengalami perkembangan yang luar biasa di Asia.
Baca SelengkapnyaDia mengajak para pelaku UMKM untuk tetap terus menciptakan produk-produk ekonomi kreatif.
Baca SelengkapnyaSunarso optimis bahwa penyelenggaraan BRI Liga 1 tidak hanya meneruskan momentum kebangkitan sepak bola Indonesia, tapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi
Baca SelengkapnyaLaporan menyoroti efek negatif judi online terhadap ekonomi Inggris
Baca SelengkapnyaSemua uang tersebut diserap bandar judi luar negeri untuk kepentingan bisnisnya, termasuk pencucian uang.
Baca SelengkapnyaSalah satu agenda yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah perihal finalisasi Peraturan Presiden (Perpres) Industri Game Nasional.
Baca SelengkapnyaAlasan BRI mendukung perhelatan BRI Liga 1 2024-2025 tak lepas dari faktor ekonomi yang diciptakan dengan bergulirnya kompetisi.
Baca SelengkapnyaMenteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mendorong percepatan pengembangan industri gim nasional di tingkat daerah.
Baca SelengkapnyaPerputaran uang transaksi judi online juga meningkatkan risiko pencucian uang dan pendanaan aktivitas ilegal lainnya.
Baca SelengkapnyaMereka yang melakukan judi online, saat diperiksa deposit banknya hanya Rp100.000 sampai dengan Rp1 juta,
Baca Selengkapnya