Industri Game Melesat, Ceruk Baru Pasar Audio
Gaming peripheral berbasis audio, seperti headset dan speaker, adalah elemen kunci dalam meningkatkan pengalaman bermain game.
Egogo Hub Indonesia, e-commerce enabler terkemuka yang menyediakan solusi perdagangan digital end-to-end bagi para peritel, menampilkan berbagai produk wireless audio eksklusif dari merek-merek ternama.
Produk-produk ini akan dipamerkan di Indonesia Game Expo 2024, yang berlangsung pada 26-27 Oktober 2024 di ICE BSD, Tangerang. Merek-merek ternama seperti OneOdio, Soul, dan Nokia akan hadir dan menawarkan solusi audio berkualitas tinggi yang mampu memberikan pengalaman imersif untuk para gamer dari segala level.
Gaming peripheral berbasis audio, seperti headset dan speaker, adalah elemen kunci dalam meningkatkan pengalaman bermain game. Mereka tidak hanya berfungsi sebagai alat output suara tetapi juga menjadi faktor yang sangat mempengaruhi imersi, komunikasi, dan performa pemain.
“Kami sangat senang dapat menjadi bagian dari Indonesia Games Expo 2024 yang perdana hadir di Jakarta. Kami menyambut baik antusias masyarakat khususnya para gamers yang mencari peripherals (perangkat pelengkap gaming) untuk memperdalam pengalaman gaming mereka. Permintaan akan perangkat pelengkap gaming tidak pernah setinggi ini sebelumnya. Egogo hadir membawa deretan merek terkenal yang sangat dicari oleh pasar Indonesia dengan berbagai produk audio berkualitas tinggi,” kata Presiden Direktur Egogo Hub Indonesia, Benny Tanadi dalam keterangannya, Minggu (27/10).
Berdasarkan data dari Statista tahun 2024, pasar game di Indonesia diproyeksikan bisa mencapai pendapatan hingga sebesar US$ 367 juta tahun ini, didorong oleh meningkatnya popularitas mobile gaming dan Esports. Hal ini diperkirakan juga akan menunjukkan tingkat pertumbuhan tahunan (CAGR 2024-2029) sebesar 8,45%, sehingga menghasilkan proyeksi volume pasar sebesar US$ 550 juta pada tahun 2029 mendatang.
Dalam hal basis pengguna, pasar game di Indonesia diperkirakan juga akan mencapai 102,4 juta pengguna pada tahun 2029. Tingkat penetrasi pengguna diproyeksikan sebesar 30,8% pada tahun 2024 dan diperkirakan meningkat menjadi 35,3% pada tahun 2029.
Sedangkan menurut Global Market Insight tahun 2024, pasar game global bernilai sekitar USD 111,48 miliar pada tahun 2023 dan diperkirakan akan tumbuh menjadi USD 289,83 miliar pada tahun 2032, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 11,20%.
“Kami melihat industri game, khususnya di Indonesia, terus berkembang pesat setiap tahunnya. Oleh sebab itu, kebutuhan akan perangkat audio berkualitas tinggi yang mampu memberikan pengalaman imersif menjadi elemen penting dalam dunia game modern,” lanjut Benny.