Asal usul gadget
Merdeka.com - Kemarin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meluncurkan akun Twitter pribadi, @SBYudhoyono. Beberapa kicauan telah ditulis sang presiden untuk menyapa followers-nya di dunia maya. Segala berita berbau SBY memang menarik, termasuk tentang teknologi gadget baru yang sering dipakai orang nomor wahid di Indonesia itu.
Bila anda seorang Fanboy gadget (sebutan bagi para penggila gadget) tentu penasaran, gadget apa yang di pakai SBY nge-tweet? Jawabannya bisa dilihat dari postingan foto menantunya, Anisa Pohan di media sosial. Ditemani Ibu Negara Ani Yudhoyono, SBY tampak serius mengetik di sebuah laptop bermerek 'buah apel dengan bekas gigitan'.
Nah, bicara gadget ini sepertinya menarik. Apalagi mencari asal usul istilah ini. Definisi Gadget sebagai objek baru, sering menjadi ungkapan dalam menunjuk sebuah alat atau barang yang baru diciptakan dan diluncurkan. Dalam bahasa inggris gadget berarti alat, yang dalam bahasa Indonesia disebut 'gawai' alias perkakas.
-
Kapan teknologi dianggap sebagai perpanjangan tangan manusia? Dapat dikatakan bahwa teknologi adalah semacam perpanjangan tangan manusia untuk dapat memanfaatkan alam dan sesuatu yang ada di sekelilingnya secara lebih maksimal.
-
Bagaimana smartphone memengaruhi bentuk tengkorak manusia? Secara mengejutkan, tanduk hingga sepanjang 30 milimeter mulai muncul di kepala masyarakat saat ini. Benjolan yang muncul pada bagian bawah tengkorak dan sedikit di atas leher ini sangat langka pada 100 tahun lalu. Hal aneh ini muncul karena penggunaan smartphone, yang biasanya membuat orang menunduk dan bahkan jika diakumulasi bisa sampai empat jam dalam sehari. Hal ini membuat leher bekerja lebih keras dan tubuh meresponsnya.
-
Apa yang dimaksud dengan perkembangan teknologi? Perkembangan teknologi adalah fenomena yang tidak dapat dielakkan dalam kehidupan manusia. Teknologi telah mengubah cara kita hidup, bekerja, dan berinteraksi satu sama lain.
-
Siapa yang menciptakan alat-alat canggih untuk memudahkan kehidupan manusia? Terbukti, sampai sekarang, manusia modern sangat pandai membuat alat-alat yang canggih untuk memudahkan hidup mereka.
-
Apa saja contoh perangkat teknologi yang membantu proses belajar mengajar? Salah satu wujud konkret dari transformasi ini adalah munculnya berbagai perangkat teknologi dan media pembelajaran yang inovatif. Artikel ini akan membahas contoh-contoh dari perangkat teknologi dan bentuk media pembelajaran yang telah membawa perubahan signifikan dalam proses pendidikan.
-
Dimana saja gadget digunakan dalam kehidupan sehari-hari? Penggunaan gadget sudah begitu melekat dengan kehidupan masyarakat hari-hari ini. Hampir semua aktivitas yang dilakukan pun kini terpusat dengan alat elektronik tersebut. Mulai dari bekerja, bersekolah, berkomunikasi, berbelanja, dan sebagainya.
Seperti ditulis dalam situs www.anneahira.com. Konon gadget berasal dari lelucon di abad 19. Bukti anekdot penggunaan kata gadget ada di Kamus Inggris Oxford. Istilah ini digunakan sebagai istilah pengganti untuk menyebut sebuah benda yang digunakan oleh seseorang dengan daya ingat rendah. Istilah ini muncul pada 1850-an.
Beberapa sumber lain mengatakan, secara etimologi kata gadget ini juga berarti sengketa. Konon asal usul kata gadget tercipta ketika tiga orang sedang melakukan pembangunan besar, yakni Patung Liberty di Amerika pada 1886. Tiga orang itu berasal dari Perancis bernama Gaget, Gauthier, dan Cie. Mereka bersengketa tentang miniatur patung.
Sementara itu, Michael Quinion, penulis Inggris, penyumbang tulisan dalam edisi kedua Kata Baru untuk Kamus Oxford menulis asal usul istilah gadget dalam situs www.worldwidewords.org. Menurut dia gadget identik dengan beberapa alat mekanis kecil, terkadang bentuknya tidak jelas, tapi alat ini pasti cerdik dan baru.
Pendapat lain yang lebih masuk akal, kata dia, istilah gadget berasal dari bahasa Perancis gâchette yang dalam bahasa Indonesia berarti mencetuskan atau melahirkan sebuah gagasan baru.
Hingga 1956, istilah gadget ini terus diperbincangkan. Sebuah esai yang ditulis seorang kritikus arsitektur bernama Reyner Banham berjudul "The Great Gizmo", mendefinisikan gadget sebagai benda dengan karakteristik unik, memiliki unit dengan kinerja tinggi dan berhubungan dengan ukuran serta biaya. Fungsi gadget adalah untuk mengubah sesuatu menjadi hal yang dibutuhkan manusia.
Berdasar asal usul itu, maka tidak mengherankan bila handphone, laptop, tablet, dikategorikan sebagai gadget. Berdasar fungsinya, tiga perkakas itu kini paling akrab, dan paling dibutuhkan manusia sehari-hari. Contoh sederhananya adalah handphone.
Dengan tambahan gadget baru, handphone yang semula sekedar untuk berbicara dan mengirim pesan singkat, kini fungsinya telah jauh melebihi apa yang pernah dipikirkan orang sebelumnya. Sebut saja perubahan dari layar monokrom ke layar dengan kualitas setara televisi, atau dari tombol papan alfanumerik (keypad) menjadi touch screen (layar sentuh).
Kamera yang pada masanya merupakan alat tersendiri, kini sudah di-integrasikan ke dalam handphone, dengan resolusi yang tidak main-main. Handphone sudah menjadi kebutuhan primer sehari-hari manusia. Kini anda dapat menemukan berbagai seri handphone terbaru dari berbagai merk dengan desain beragam, misalnya handphone bar, flip ataupun slide.
Artinya, seperti kata Reyner Banham, gadget telah mengubah handphone menjadi lebih dekat dengan manusia, lebih akrab, lebih cerdas, dan terpenting lebih dibutuhkan. Bagaimana menurut anda?
Diolah dari berbagai sumber (mdk/mtf)
Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya
Penggunaan gawai atau gadget yang terlalu berlebih bisa menimbulkan sejumlah dampak bagi perkembangan anak.
Baca SelengkapnyaHampir semua anak terlena dan mencurahkan perhatian mereka secara berlebihan pada gadget.
Baca SelengkapnyaTidak sedikit anak-anak zaman sekarang yang sudah kecanduan gadget sejak masih kecil.
Baca Selengkapnyavideo untuk kamu.
Anak-anak di Kampung Pasir Gudang tidak bermain gadget saat mengisi waktu luang, melainkan mencari belut di sawah.
Baca SelengkapnyaApakah boleh cas HP saat 50 persen menjadi salah satu pertanyaan yang banyak membuat pengguna gadget penasaran.
Baca SelengkapnyaDokter menyarankan para orang tua harus tegas memberlakukan batasan waktu layar pada anak.
Baca SelengkapnyaSistem operasi adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai penghubung antara pengguna, perangkat keras, dan perangkat lunak lainnya dengan Jenis yang beragam.
Baca SelengkapnyaManfaat utama dari menyipitkan mata adalah mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke mata agar kita melihat lebih jelas.
Baca Selengkapnyatahukah kalian bahwa penggunaan gadget pada anak memiliki dampak yang berbahaya?
Baca Selengkapnya