Rangkuman Pagi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Sabtu (27/12) akan mengikuti sejumlah agenda di Jayapura, Papua. Agenda tersebut dari blusukan, bertemu relawan, hingga mengikuti perayaan Natal.

Jokowi direncanakan bertolak dari Jakarta sekitar pukul 08.00 WIB dan tiba di Papua pukul 14.00 WIT. Jokowi akan didampingi istri Iriana Jokow dan sejumlah menteri Kabinet Kerja. Namun, para menteri kabinet tidak satu pesawat dengan Jokowi. Mereka pergi terpisah.

Pantauan merdeka.com, Sabtu (27/12) di Bandara Sentani Jayapura sejumlah menteri sudah tiba terlebih dahulu sekitar pukul 07.00 WIT. Mereka di antaranya Mendagri Tjahjo Kumolo, Menag Lukman Hakim dan beberapa menteri lainnya.

Kondisi jalanan di Jayapura pun berbeda dari biasa. Sejumlah personel polisi dan TNI sudah berjaga di sejumlah titik yang akan dilalui oleh Jokowi dan rombongan.

Mengenai dugaan pemerkosaan di Bandara Soekarno-Hatta, petugas Kepolisian dan PT Angkasa Pura II telah melihat hasil rekaman CCTV yang terpasang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Hotel Pop terkait kasus pemerkosaan yang dilakukan dua petugas aviation security terhadap WN China. Dalam rekaman tersebut terlihat, awal mula wanita berinisial ZZ terlihat turun dari pesawat pada Sabtu 20 Desember 2014.

Sesaat setelah mendarat, ZZ bertemu dengan seorang perempuan yang diduga sesama WN China. Sesampai di luar atau depan bandara, wanita itu juga disambut seorang perempuan. Lalu pada Senin (22/12) 20.02 WIB, ZZ datang kembali ke Bandara dengan pakaian berbeda serta menggunakan taksi Blue Bird.

Kedatangan wanita tersebut saat itu mengundang petugas Avsec, karena menurut sopir taksi ZZ tidak mau turun.

"Jadi terang sudah, kalau dia datang bukan baru turun dari pesawat, tetapi dari luar bandara mau ke bandara malam itu," terang Manajer Humas dan Protokoler Bandara Soekarno-Hatta, Yudis Tiawan, Jumat (26/12) malam. Setelah dibantu petugas, akhirnya ZZ turun dari taksi lalu masuk ke dalam Terminal 2D.

Masih berdasarkan rekaman CCTV, sesampai di Terminal 2D, ZZ ada sekitar tiga jam kebingungan di sekitar check in area. Setelah ditanya ZZ menjawab menggunakan bahasa mandarin tidak bisa berbahasa Inggris.

Di sisi lain, Sejak subuh tadi Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan deras. Akibatnya, sejumlah jalanan Ibu Kota dikepung banjir.

Pantauan merdeka.com, Sabtu (27/12) pagi, banjir terjadi di depan Gedung Kementerian Perindustrian Jalan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan. Begitu juga di sekitar jalan Dr Soepomo, Pancoran terjadi genangan air. Namun situasi lalu lintas masih lengang hingga Pukul 09.00 WIB.

Sementara dilansir dari Twitter @TMCPoldaMetro, banjir terjadi di perempatan Jalan Matraman arah Pramuka, Jakarta Timur. Genangan air setinggi 30cm juga terlihat terjadi di Green Garden, Jalan Panjang, Jakarta Barat.

Kawasan perumahaan di Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan juga terlihat banjir. Jalan Jelambar Baru Raya, Jakarta Barat juga terpantau banjir.

Masih dari Twitter Polda Metro Jaya, Banjir juga terlihat di depan ITC Fatmawati, Jakarta Selatan. Banjir di depan Citraland sampai membuat arus lalu lintas terpantau padat dan tersendat.

Genangan air setinggi hampir 40cm juga terjadi depan Universitas Taruma Negara, Jalan S Parman, Jakarta Barat. Kawasan Cengkareng Timur dan Kebon Jeruk juga dikepung banjir hingga sedalam sekitar 30cm.

Perumahan warga di daerah Kampung Bali Kali Deras, Jakarta Barat juga dikepung banjir hingga setinggi lutut orang dewasa.



KOMENTAR ANDA