Keyboard dan Perangkat Sentuh akan Jadi Barang Jadul, Ini Penggantinya
Sebuah tim peneliti dari Universitas Michigan telah mengembangkan sistem penginderaan baru yang dapat mengubah cara berinteraksi dengan komputer. Seperti apa?
Sebuah tim peneliti dari Universitas Michigan telah mengembangkan sistem penginderaan baru yang dapat mengubah cara berinteraksi dengan komputer. Sistem ini disebut SAWSense, memungkinkan input sentuh dibuat pada berbagai permukaan, termasuk sofa, meja, dan bahkan lengan pakaian.
Dengan menggunakan kembali teknologi Voice Pickup Units (VPU), SAWSense dapat mendeteksi gelombang akustik. Dilansir dari laman GizChina, Sabtu (6/5), lewat teknologi itu, dapat mendeteksi sentuhan-sentuhan yang berjalan di sepanjang permukaan suatu objek.
-
Bagaimana smartphone memengaruhi bentuk tengkorak manusia? Secara mengejutkan, tanduk hingga sepanjang 30 milimeter mulai muncul di kepala masyarakat saat ini. Benjolan yang muncul pada bagian bawah tengkorak dan sedikit di atas leher ini sangat langka pada 100 tahun lalu. Hal aneh ini muncul karena penggunaan smartphone, yang biasanya membuat orang menunduk dan bahkan jika diakumulasi bisa sampai empat jam dalam sehari. Hal ini membuat leher bekerja lebih keras dan tubuh meresponsnya.
-
Dimana saja gadget digunakan dalam kehidupan sehari-hari? Penggunaan gadget sudah begitu melekat dengan kehidupan masyarakat hari-hari ini. Hampir semua aktivitas yang dilakukan pun kini terpusat dengan alat elektronik tersebut. Mulai dari bekerja, bersekolah, berkomunikasi, berbelanja, dan sebagainya.
-
Bagaimana cara orang Indonesia menggunakan smartphone dalam sehari? Indonesia juga termasuk ke dalam daftar negara yang tidak bisa hidup tanpa ponsel. Menduduki urutan ke enam, netizen Indonesia mengantongi angka sebanyak 29,1 persen dari waktu harian mereka untuk dihabiskan di depan layar HP.
-
Kenapa penggunaan gadget pada anak berbahaya? Anak yang mengalami kecanduan gadget tentu akan mengalami perubahan secara fisik dan emosional. Hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan dan perkembangan anak ke depannya.
-
Kenapa anak yang sering dibiarkan sendirian cenderung kecanduan gadget? Hal ini mungkin terdengar sederhana bagi sebagian orang. Akan tetapi penelitian telah membuktikan bahwa anak-anak yang sering kali dibiarkan sendirian lebih cenderung akan kecanduan gadget.
-
Bagaimana kecanduan gadget dapat memengaruhi kemampuan kognitif remaja? Hasil ulasan menunjukkan bahwa remaja dengan kecanduan internet memiliki gangguan signifikan pada daerah otak yang bertanggung jawab atas aktivitas kontrol eksekutif seperti perhatian, perencanaan, pengambilan keputusan, dan kontrol impuls, dibandingkan dengan teman sebaya mereka yang tidak mengalami kecanduan internet.
Meskipun keyboard dan perangkat sentuh adalah dua metode yang paling populer, hal ini dapat segera berubah. Para peneliti terus-menerus mencoba menciptakan metode input baru. Potensi teknologi ini begitu besar. Dengan sistem baru, permukaan apa pun dapat berubah menjadi perangkat input fidelitas tinggi.
Bayangkan saja bisa mengontrol PC atau perangkat seluler hanya dengan mengetukkan jari Anda di atas meja. Selanjutnya, bayangkan dapat menggulir halaman web dengan menggerakkan tangan Anda di sepanjang lengan sofa. Perangkat ini dapat meningkatkan permainan atau mengaktifkan kontrol perangkat hands-free di tempat-tempat di mana layar sentuh atau penekanan tombol tidak memungkinkan.
Salah satu keunggulan utama SAWSense adalah kemampuannya untuk bekerja pada permukaan lunak seperti kain. Alat ini juga dapat untuk membuat perangkat input bagi penyandang disabilitas atau gangguan mobilitas. Ini dapat membantu mereka berinteraksi dengan perangkat pintar dengan lebih mudah dan alami.
Tim peneliti di belakang SAWSense menunjukkan beberapa skenario penggunaan proof-of-concept. Ini termasuk menggunakan meja untuk memberi daya pada trackpad laptop dan mengontrol video game dengan mengetuk mainan. Tim tersebut sekarang bekerja untuk menyempurnakan teknologi dan memperluas skenario kasus penggunaan ini. Tujuan mereka adalah menghasilkan sesuatu yang komersial nantinya.