Rangkuman Pagi

Tiga siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs/sederajat SMP) Tarbiyatul Wathon, Desa Campurejo, Kecamatan Panceng, Gresik, Jawa Timur, akan terbang ke Singapura pada 25 Januari mendatang, untuk mengikuti kontes robot internasional yang dihelat pada 28 hingga 30 Januari 2015.

Mereka membentuk satu tim tangguh dan siap bertarung dengan pelajar-pelajar di seluruh penjuru dunia untuk menjadi yang terbaik dalam kontes robot internasional. Dari 16 kategori yang dilombakan, ketiganya akan bertarung di kategori School Robotics Competition.

Tiga bocah desa itu adalah Ahmad Khoirul Hadi (15), siswa kelas 3, Nabil Al Annisi (14), siswa kelas 2 dan Mohammad Harris Riqin (13), siswa kelas 1 MTs Tarbiyatul Wathon.

Ketiganya mengaku tidak mengira kalau akan terbang ke Singapura, setelah berhasil menjuarai kompetisi dua kompetisi robot nasional yaitu lomba robot se-Jawa dan Bali di Jember Line Tracer IV yang digelar Universitas Jember dan juara I pada Robot Elite Competition 2 (Reco 2) di Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung.

Selanjutnya, ketiganya diundang untuk bersaing di lomba robot internasional yang akan digelar di Tay Eng Soon Convention Centre, ITE Headquarters, Singapura pada 28 hingga 30 Januari.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menegaskan pihaknya bersama TNI Angkatan Laut menerjunkan tujuh kapal perang di Laut Arafura untuk memburu dan memberantas praktik pencurian ikan oleh kapal-kapal asing. Selama ini, kapal asing ilegal di Arafura terkenal bandel.

"Jika sebelumnya jumlah kapal asing banyak di perairan Natuna, setelah diburu dan ditangkap keberadaan mereka terus berkurang, namun yang masih bandel mereka yang beroperasi di perairan Arafura," ujarnya di sela dialog dengan para nelayan budidaya kepiting soka dan nelayan tangkap di Desa Sigam, Kabupaten Kotabaru, seperti dikutip Antara, Minggu (15/12).

Menurut dia, kapal-kapal asing ilegal yang beroperasi tersebut memiliki kapasitas besar di atas 200 GT. Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada Panglima TNI AL untuk menerjunkan tujuh kapal besar ke perairan tersebut.

"Alhamdulillah, kabar bagus yang saya terima dari bapak panglima laut, tadi pagi, telah menangkap kapal asing asal Thailand di Perairan Makassar," ungkap Susi.

Dari Banjarnegara dilaporkan, Pada pencarian hari kedua korban longsor di Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, sudah ditemukan 39 orang tewas. Diperkirakan korban masih akan masih terus bertambah, mengingat puluhan orang masih hilang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengungkapkan data sementara kejadian bencana di Indonesia tahun 2014 adalah 248 jiwa orang tewas akibat longsor.

"Jumlah ini hampir dua per tiga dari korban tewas akibat bencana di Indonesia selama 2014," kata Sutopo lewat siaran pers, Minggu (14/12).

Oleh karena itu, kata Sutopo, bencana di Banjarnegara seharusnya makin menyadarkan masyarakat untuk lebih menaruh perhatian lebih serius dari ancaman longsor. "Bencana tanah longsor selalu berulang setiap tahun," ujar dia.

Di Indonesia, kata Sutopo, ada sekitar 40,9 juta jiwa penduduk yang terpapar bahaya longsor sedang hingga tinggi. Masyarakat terpapar adalah masyarakat beserta perumahan, sistem atau elemen lain yang berada pada zona bahaya dan berujung pada potensi kerugian.

"Bertambahnya jumlah penduduk, meningkatnya degradasi lingkungan, dan curah hujan yang makin ekstrem menyebabkan risiko longsor makin tinggi," ujar dia.

Dia mengatakan, pola longsor setiap tahun sesungguhnya sudah dikenali. Data kejadian longsor memiliki korelasi positif dengan pola hujan, di mana sebagian besar bulan Januari adalah puncak kejadian longsor. Wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur adalah provinsi yang paling banyak bencana longsor.

Daerah yang berulang mengalami longsor adalah Kabupaten Bogor, Sukabumi, Cianjur, Garut, Bandung Barat, Tasikmalaya, Purbalingga, Banjarnegara, Karanganyar, Wonosobo, Temanggung, Cilacap, Grobogan, Pemalang, Brebes, Pekalongan, Pacitan, Ponorogo, Malang, Jember dan lainnya sering terjadi longsor.

Rangkuman Petang

Dua lelaki bersenjata ini menyandera sekitar 40-50 orang di kafe Lindt, kota Sydney, Australia. Kedua orang ini dipercaya bagian dari pendukung kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) lantaran mereka memerintahkan beberapa sandera untuk mengibarkan bendera hitam bertuliskan huruf Arab warna putih.

Para tawanan diperintahkan menghadap ke jendela dan tembok dengan kedua tangan diangkat. Polisi menegaskan mereka belum mengetahui nama-nama pelaku hingga korban.

Perdana Menteri Australia Tony Abbott menyatakan penyanderaan yang terjadi pagi ini di sebuah kafe di Kota Sydney, sangat mengganggu ketentraman warga Australia. Hal ini seperti yang dilansir dari stasiun televisi BBC New World, Senin (15/12). Namun dia mengatakan kondisi masih aman terkendali dan meyakinkan ini belum kategori tindakan terorisme.

Ia juga mengatakan terus berpikir dan berdoa untuk menangkap penyandera warga Sydney yang berada di kafe tersebut. Menurut pemilik kafe Lindt, tempat penyanderaan, ada 10 pegawai dan sekitar 30 pelanggan yang disandera oleh dua lelaki bersenjata tersebut. Namun kenyataannya polisi belum mengetahui berapa banyak sandera di dalam kafe sekaligus toko cokelat itu.

Meski dirundung peristiwa tak terduga dan membuat stres namun Abbott mengatakan layanan kota tetap beroperasi seperti biasa. Dia berusaha menyelesaikan segala sesuatunya dengan baik dan akan mengabarkan perkembangan terbaru.

Abbott mengatakan hingga kini belum mengetahui motif penyandera. Kondisi sejauh ini masih bisa dikendalikan.

Dari kasus tabrakan yang melibatkan bus Transjakarta, pria tanpa identitas yang memiliki ciri-ciri berambut mohawk dan mengenakan jaket berwarna pink itu kritis setelah tertabrak bus TransJakarta di Jalan Otista, Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur. Diduga, saat kejadian, korban hendak menyeberang jalan.

"Kejadian itu sekira pukul 11.30 WIB, korban melintas dari arah Barat menuju Timur. Dia enggak nyeberang lewat jembatan penyeberang tiba-tiba saja nekat melintas jalur busway dan berdiri di separator untuk menyeberang," kata Munti, tukang ojek yang mangkal tidak jauh dari lokasi kejadian, Senin (15/12).

Munti melanjutkan, dia tidak melihat pasti apakah korban ditabrak saat menyeberang atau saat sedang berdiri di atas separator. Menurutnya saat itu, warga hanya mendengar suara benturan keras.

"Dia berdiri di atas separator busway, tahu-tahu tertabrak bus TransJakarta. Bunyinya cukup keras, makanya saya sama teman-teman tukang ojek langsung ke lokasi," jelasnya.

Dari pengumuman hasil seleksi tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kota Surakarta, beredar rumor masyarakat Kota Solo dan sekitarnya bahwa Kahiyang Ayu, Putri Presiden Joko Widodo akan diloloskan. Rumor itu dibantah oleh Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja.

Dalam siaran pers yang diterima merdeka.com, Senin (15/12), Setiawan menegaskan bahwa kelulusan peserta tes CPNS harus mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 29/2014 tentang Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Seleksi CPNS Tahun 2014.

Selain itu, peserta tes CPN haru mendapat Nilai Tes Karakteristik Pribadi (TKP) minimal 126, Nilai Tes Intelegensia Umum (TIU) minimal 75, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) paling rendah 70.

"Walaupun putri pejabat, bahkan putri Presiden, tidak mendapatkan hak istimewa terkait dengan kelulusannya. Kita tetap mengacu pada peraturan yang telah dibuat," tegas Setiawan.



KOMENTAR ANDA