Rangkuman Pagi

Pemkot DKI Jakarta hari ini mulai memberlakukan larangan bagi pengendara sepeda motor melewati Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat. Sejak pukul 06.00 WIB, Rabu (17/12), polisi lalu lintas sudah mulai bersiaga. Mereka mengatur lalu lintas dan mengarahkan pengendara untuk tidak melintas Jalan MH Thamrin hingga Medan Merdeka Barat.

Seorang pengendara sepeda motor, Rusbianto (50) yang melintas di Bundaran HI protes dengan seorang petugas kepolisian setelah dirinya dilarang melintas ke arah Jalan MH Thamrin menuju Medan Merdeka Barat, Rabu (17/12). Dia merasa dirugikan atas aturan larangan melintas bagi sepeda motor di sepanjang Jalan MH Thamrin.

"Ini terus saya gimana Pak, saya mau ke Pejambon nih, ke Kemlu. Kalau diputer-puter suruh lewat sana-sini, surat-surat bisa enggak keantar nih," kata Rusbianto kepada petugas polisi yang menghalaunya di Bundaran HI, Menteng, Jakarta Pusat.

Rusbianto mengaku mengantar surat-surat antar Kementerian. Dia baru saja dari Kemendikbud, dan hendak menuju Kemlu. Dirinya mengatakan peraturan Pemprov DKI yang melarang sepeda motor melintas di kawasan tersebut benar-benar merugikan dirinya.

"Enggak bisa dong saya udah tua gini suruh naik-turun motor buat parkir, terus nyari-nyari bis gratisan. Bisa-bisa semua dokumen yang harus saya antar enggak bakalan selesai satu hari. Ini nggak bener nih pemerintah sekarang," keluhnya.

Hari ini, Presiden Joko Widodo akan menggelar rapat terbatas di Kantor Presiden. Salah satu pembahasan rapat adalah mengenai stabilitas nilai tukar rupiah.

Rapat yang akan dimulai pukul 10.00 WIB itu juga akan membahas mengenai strategi pencapaian target pertumbuhan ekonomi, Finalisasi RPJMN 2015 - 2019 dan revisi rencana kerja pemerintah (RKP) tahun 2015, dan anggaran Kementerian 2015 terutama yang mengalami perubahan nomenklatur.

Dalam transaksi pasar uang kemarin, rupiah ditutup melemah 12 poin atau 0,09 persen ke level Rp 12.725 per dolar AS. Pada awal perdagangan, rupiah sempat menembus Rp 12.725 per dolar AS.

Sementara itu, qrus lalu lintas ke Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, pagi ini dilaporkan macet total. Penyebabnya adalah truk kontainer yang terbalik di Km 25 Tol Kamal arah Bandara.

"Truk terbalik di interchange, lajur atas," kata Wuri, petugas Jasa Marga Traffic Information Center, saat dihubungi, Rabu (17/12). Kecelakaan ini dilaporkan terjadi pukul 05.00 Wib.

Karena badan truk masih melintang hingga kini, lalu lintas di Jalur Lingkar Barat yang ingin keluar Cengkareng dialihkan ke Pondok Indah Kapuk.

Rangkuman Petang

Ketua DPR Setya Novanto menerima surat kepengurusan Fraksi Golkar versi Agung Laksono. Namun Setya mengaku belum bisa bersikap soal kubu mana yang paling legal.

"Sudah kami terima dan akan kami serahkan kepada deputi bidang hukum. Nanti setelah kami kaji dengan pimpinan yah (hasilnya)," kata Setya di Gedung DPR, Rabu (17/12).

Sementara itu, Ketua DPP Golkar kubu Agung Laksono Ibnu Munzir yang menyerahkan daftar itu mengaku optimis DPR bisa menyelesaikan dualisme Golkar di fraksi. Apalagi, pengalaman ini persis terjadi seperti dalam kasus dualisme PPP di DPR.

Ibnu optimis kepengurusannya yang diakui oleh pimpinan DPR, meskipun Setya ada di kubu Aburizal Bakrie (Ical) yang berseberangan dengan Agung. Menurut dia, Setya bisa membedakan sebagai kader Golkar dan ketua DPR.

"Dia harus bedakan posisinya. Dia sudah bisa lakukan itu, dia sampaikan selaku ketua DPR menerima apa yang kami sampaikan untuk bicarakan bersama pimpinan lain," kata Ibnu.

Dari Aceh, Aparat Polres Kabupaten Pidie meringkus seorang pelaku pemerasan, Zamzami (34), Selasa (16/12) sekira pukul 15.00 WIB. Pelaku mengaku sebagai intel Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sedang memantau sejumlah pedagang gas, minyak serta kepala sekolah di Aceh.

Penangkapan pelaku ini setelah pihak kepolisian mendapatkan laporan dari korban sebanyak 17 orang di sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Pidie. Dalam melancarkan aksinya, pelaku mengaku dari intel KPK sedang memantau gas, minyak dan sejumlah sekolah yang ada di Pidie.

Zamzami di hadapan calon korban berlagak seorang penyidik hendak melakukan penyidikan. Agar calon korban yakin, Zamzami memperlihatkan sejumlah indentitas kemudian diketahui palsu. Indentitas yang sering diperlihatkan adalah kartu lembaga tim investigasi National Corruption Watch (NCW).

Sementara itu, Suweha tak pernah menyangka perjalanan hidupnya akan mendapatkan kebahagiaan yang tak pernah dia sangka sebelumnya. Dari profesinya sebagai penjaga sekaligus petugas kebersihan masjid (marbot), Suweha mendapat kesempatan pergi umrah gratis.

"Bekerja sebagai marbot itu ibadah. Ada sebuah hadist tertulis, kebersihan itu sebagian dari iman. Jadi kita gak usah pikirkan hasilnya, yang terpenting nanti di akhirat dan menjadi seorang marbot itu bagaikan menabung pahala dan ibadah di akhirat nanti," tandasnya.

Selepas membersihkan masjid, dia dan istri tercinta melepas lelah di kediaman mereka yang di rumah petakan sederhana seluas 2x5 meter. Hanya ada televisi tabung berukuran 21 inci dan satu kursi di rumah kecil itu. Apabila ada tamu yang berkunjung, maka akan duduk lesehan di lantai.

Suweha salah satu dari 30 marbot yang mendapatkan kesempatan umrah gratis dari Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.



KOMENTAR ANDA