Amalan Nabi Idris AS yang Dapat Ditiru, Bawa Banyak Keutamaan
Dengan memahami dan menjalankan amalan Nabi Idris, diharapkan umat muslim dapat mengadopsi sikap yang lebih positif dan penuh harapan dalam menjalani kehidupan.
Nabi Idris, salah satu nabi yang dihormati dalam Islam, dikenal sebagai sosok yang bijaksana dan berilmu. Amalan-amalan beliau sering dijadikan contoh bagi umat Muslim sebagai panduan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
Amalan-amalan tersebut tidak hanya mencerminkan keimanan dan ketakwaan Nabi Idris, tetapi juga memberikan pelajaran berharga tentang bagaimana mengintegrasikan spiritualitas dalam berbagai aspek kehidupan.
-
Siapa yang mengajarkan Nabi Idris tentang ilmu baca tulis? Nabi Idris adalah manusia pertama yang pandai baca tulis dengan pena. Nabi Idris diberi macam-macam pengetahuan mulai dari merawat kuda, ilmu perbintangan (falaq), hingga ilmu berhitung yang sekarang dikenal dengan matematika. Nama Idris berasal dari kata Darasa yang artinya belajar.
-
Bagaimana Nabi Idris mendapatkan gelar 'Asadul Usud'? Nabi Idris mendapat gelar sebagai 'Asadul Usud' yang artinya singa, karena Ia tidak pernah putus asa ketika menjalankan tugasnya sebagai seorang Nabi. Ia tidak pernah takut menghadapi umatnya yang kafir. Namun Ia tidak pernah sombong, selain itu Ia juga dikenal memiliki sifat pemaaf.
-
Siapa Imad Aqil? Kelompok Hamas mempunyai sosok pejuang yang menjadi inspirasi mereka dalam melawan pasukan Israel. Imad Aqil, salah satu pejuang Hamas yang namanya dikenal di Palestina.
-
Kapan Nabi Ibrahim dikhitan? Meski telah berusia 80 tahun, namun Nabi Ibrahim tetap menunaikan perintah Allah SWT untuk melaksanakan khitan.
-
Dimana Iswadi Idris dilahirkan? Iswadi Idris lahir di Banda Aceh, Provinsi Aceh pada 18 Maret 1948.
-
Apa pengalaman unik yang dialami Nabi Idris yang membuatnya merasakan betapa dahsyatnya sakaratul maut? Nabi Idris meminta izin kepada Malaikat Izroil untuk merasakan sakaratul maut, dan Allah mengabulkan permintaannya. Malaikat Izroil pun mencabut nyawa Nabi Idris, dan setelah merasakan kesakitan, Allah menghidupkan kembali Nabi Idris. Nabi Idris menangis dan tidak bisa membayangkan jika manusia-manusia lain mengalami sakaratul maut dengan kedahsyatan yang sama.
Artikel ini akan mengeksplorasi berbagai amalan Nabi Idris dan bagaimana kita bisa mengambil hikmah dari ajaran beliau untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan memahami dan menjalankan amalan Nabi Idris, diharapkan umat muslim dapat mengadopsi sikap yang lebih positif dan penuh harapan dalam menjalani kehidupan sehari-hari, serta meningkatkan kualitas spiritual pribadi. Ini selengkapnya.
Amalan Nabi Idris: Bacaan Doa
Doa ini sangat penting, pasalnya tidak hanya memungkinkan seseorang untuk meminta hajat atau kebutuhan duniawi, tetapi juga sebagai wujud dari penyesalan atas dosa yang dilakukan. Dalam konteks ini, meminta ampunan dan bertobat merupakan langkah awal dalam proses spiritual untuk menyucikan diri dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Simak penjelasan Syekh Abu Thalib Al-Makki berikut:
حدثنا الحسن بن يحيى الشاهد: حدثنا القاسم بن داود القراطيسي حدثنا عبد اللَّه بن محمد القرشي حدثنا محمد بن سعيد المؤذن حدثنا سلام الطويل عن الحسن البصري قال: لما بعث الله عزّ وجلّ إدريس إلى قومه علّمه هذه الأسماء فأوحى اللَّه إليه: قلهنّ سراً في نفسك ولا تبدهنّ للقوم فيدعوني بهنّ، قال: وبهن دعا، فرفعه اللَّه عزّ وجلّ مكاناً علياً ثم علّمهن اللَّه عزّ وجلّ موسى عليه السلام ثم علّمهن اللَّه عزّ وجلّ محمداً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وبهن دعا في غزوة الأحزاب
Artinya, "Hasan bin Yahya As-Syahid meriwayatkan, "Dari Qasim bin Dawud Al-Qarathisi, dari Abdullah bin Muhammad Al-Qurasyi, dari Muhammad bin Said Al-Mu'adzin, dari Salam At-Thuwil, dari Hasan Al-Basri, beliau berkata:
"Ketika Allah swt mengutus Nabi Idris kepada kaumnya, Allah mengajari beliau nama-nama ini (40 Asmaul Husna) dan berfirman: "Bacalah nama-nama ini dalam hati dan jangan beritahukan kepada kaummu, agar mereka tidak berdoa dengan nama-nama ini."
Nabi Idris berdoa dengan nama-nama tersebut, dan Allah mengangkatnya ke tempat yang tinggi. Kemudian Allah swt mengajari nama-nama tersebut kepada Nabi Musa as, dan kemudian kepada Nabi Muhammad saw. Beliau (Nabi Muhammad) berdoa dengan nama-nama tersebut pada Perang Ahzab.
Selain Nabi Idris, Nabi Muhammad berdoa juga dengan doa ini agar mendapatkan kemenangan dan keselamatan dalam perang Khandaq. Begitu pun Nabi Musa, juga berdoa dengan memakai doa ini. Simak bacaan doanya:
سُبْحَانَكَ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ، يَا رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، وَوَارِثَهُ، وَرَازِقَهُ، وَرَاحِمَهُ، يَا إِلَٰهَ الْآلِهَةِ، الرَّفِيعَ جَلَالَهُ، يَا اللَّهُ الْمَحْمُودُ فِي كُلِّ فِعَالَةٍ، يَا رَحْمَنُ كُلَّ شَيْءٍ وَرَاحِمَهُ، يَا حَيُّ حِينَ لَا حَيَّ فِي دَيْمُومَةِ مُلْكِهِ وَبَقَائِهِ، يَا قَيُّومُ فَلَا يُفُوتُ شَيْءٌ مِنْ عِلْمِهِ وَلَا يُؤْدَهُ، يَا وَاحِدُ، الْبَاقِي فِي أَوَّلِ كُلِّ شَيْءٍ وَآخِرِهِ، يَا دَائِمُ فَلَا فَنَاءَ وَلَا زَوَالَ لِمُلْكِهِ، يَا صَمَدُ مِنْ غَيْرِ شَبِيهٍ وَلَا شَيْءٍ كَمِثْلِهِ، يَا بَارِئُ فَلَا شَيْءَ كَفَؤُهُ وَلَا مَكَانَ لِوَصْفِهِ، يَا كَبِيرُ أَنْتَ الَّذِي لَا تَهْتَدِي الْقُلُوبُ لِوَصْفِ عَظَمَتِهِ، يَا بَارِئَ النُّفُوسِ بِلَامَثَالٍ خَالٍ مِنْ غَيْرِهِ، يَا زَاكِيَ الطَّاهِرِ مِنْ كُلِّ آفَةٍ تُقَدِّسُهُ، يَا كَافِيَ الْمُوسِعِ لِمَا خَلَقَ مِنْ عَطَايَا فَضْلِهِ، يَانُقِيًّا مِنْ كُلِّ جُورٍ لَمْ يَرْضَهُ وَلَمْ يَخَالِطْهُ فِعَالُهُ
يَا حَنَّانُ أَنْتَ الَّذِي وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَحْمَةً وَعِلْمًا، يَا ذَا الْإِحْسَانِ قَدْ عَمَّ كُلَّ الْخَلَائِقِ مِنْهُ، يَا دَيَّانَ الْعِبَادِ كُلَّ يَقُومٍ خَاضِعًا لِرَهْبَتِهِ، يَا خَالِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَكُلِّ إِلَيْهِ مَعَادُهُ، يَا رَحِيمُ كُلَّ صَرِيخٍ وَمَكْرُوبٍ وَغَيْثِهِ وَمَعَادِهِ، يَا تَامُّ فَلَا تُصَفُّ الْأَلْسِنَ كُلَّ جَلَالٍ مُلْكِهِ وَعِزِّهِ، يَا مُبْدِعَ الْبِدَائِعِ لَمْ يَبْلُغْ فِي إِنْشَائِهَا عَوْنًا مِنْ خَلْقِهِ، يَا عَالِمَ الْغُيُوبِ فَلَا يُفُوتُهُ شَيْءٌ مِنْ خَلْقِهِ وَلَا يُؤَدِّهِ، يَا حَلِيمُ ذَا الْأَنَاةِ فَلَا يُعَادِلُهُ شَيْءٌ مِنْ خَلْقِهِ، يَا مُعِيدُ مَا أَفْنَاهُ إِذَا بَرَزَ الْخَلَائِقُ لِدَعْوَتِهِ مِنْ مَخَافَتِهِ، يَا حَمِيدَ الْفَعَّالِ ذَا الْمَنِّ عَلَى جَمِيعِ خَلْقِهِ بِلُطْفِهِ، يَا عَزِيزَ الْمَنِيعِ الْغَالِبَ عَلَى أَمْرِهِ فَلَا شَيْءَ يُعَادِلُهُ، يَا قَاهِرَ ذَا الْبَطْشِ الشَّدِيدِ أَنْتَ الَّذِي لَا يُطَاقُ انْتِقَامُهُ، يَا قَرِيبَ الْمُتَعَالِي فَوْقَ كُلِّ شَيْءٍ عُلُوُّ ارْتِفَاعِهِ، يَا مُذِلَّ كُلَّ جَبَّارٍ عَنِيدٍ بِقَهْرِ عَزِيزِ سُلْطَانِهِ، يَا نُورَ كُلِّ شَيْءٍ وَهَدَاهُ، أَنْتَ الَّذِي فَلَقَ الظُّلُمَاتِ بِنُورِهِ
يَا عَالِيَ الشَّامِخِ فَوْقَ كُلِّ شَيْءٍ عُلُوُّ ارْتِفَاعِهِ، يَا قَدُّوسَ الطَّاهِرِ مِنْ كُلِّ سُوءٍ فَلَا شَيْءٌ يُعَادِلُهُ مِنْ خَلْقِهِ، يَا مُبْدِئَ الْبَرَايَا وَمُعِيدَهَا بَعْدَ فَنَائِهَا بِقُدْرَتِهِ، يَا جَلِيلَ الْمُتَكَبِّرِ عَنْ كُلِّ شَيْءٍ فَالْعَدْلُ أَمْرُهُ وَالصِّدْقُ وَعَدُّهُ، يَا مَحْمُودُ فَلَا تُبْلِغُ الْأَوْهَامُ كَنَهُ ثَنَاؤُهُ وَمَجْدُهُ، يَا كَرِيمَ الْعَفْوِ ذَا الْعَدْلِ أَنْتَ الَّذِي مَلَأَ كُلَّ شَيْءٍ عَدْلَهُ، يَا عَظِيمَ ذَا الثَّنَاءِ الْفَاخِرِ وَذَا الْعَزِّ وَالْمَجْدِ وَالْكِبْرِيَاءِ فَلَا يُذِلُّ عَزُّهُ، يَا عَجِيبُ فَلَا تَنْطِقُ الْأَلْسِنَ بِكَنَهِ آلَائِهِ وَثَنَائِهِ، يَا غَيَّاثِي عِنْدَ كُلِّ كُرْبَةٍ وَيَا مُجِيبِي عِنْدَ كُلِّ دَعْوَةٍ، أَسْأَلُكَ اللَّهَمَّ يَا رَبَّ الصَّلَاةَ عَلَى نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَمَانًا مِنْ عَقُوبَاتِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَأَنْ تَحْبِسَ عَنِّي أَبْصَارَ الظَّالِمِينَ الْمُرِيدِينَ بِي السُّوءِ وَأَنْ تَصْرِفَ قُلُوبَهُمْ عَنْ شَرِّ مَا يَضْمُرُونَ بِي إِلَى خَيْرِ مَا لَا يَمْلِكُهُ غَيْرُكَ، اللَّهُمَّ هَذَا الدُّعَاءُ وَمِنْكَ الْإِجَابَةُ وَهَذَا الْجُهْدُ وَعَلَيْكَ التَّكَلُّمُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَسَلَّمَ
Subḥānaka lā ilāha illā anta, ya Rabba kulli syai’, wa wārithahu, wa rāziqahu, wa rāḥimahu, ya ilāha al-ālihah, ar-rafi’u jalāluhu, ya Allāhu al-maḥmūdu fī kulli fi’ālah, ya Raḥmānu kulli syai’ wa Rāḥimahu, ya ḥayy ḥīna lā ḥayy fī daymūmati mulkihi wa baqā’ihi, ya qayyūmu falā yufūtu syai’un min ‘ilmihi wa lā yu’dhuhu, ya wāḥidu, al-bāqī fī awwali kulli syai’in wa āḥirihi, ya dā’imu falā fanā’a wa lā zawāla limulkihi, ya ṣamadu min ghayri syabīhin wa lā syai’un kamaṡlihi, ya bāri’u falā syai’a kafa’uhu wa lā makāna liwaṣfihi, ya kabīru anta al-ladzī lā tahtadī al-qulūbu liwaṣfi ‘aẓamatihi, ya bāri’a an-nufūsi bilā amṡāli khālin min ghayrihi, ya zākiyya aṭ-ṭāhiru min kulli āfah tuqaddisuhu, ya kāfiyal-mūsi’u limā khalaqa min ‘aṭāyā faḍlihi, yanuqiyyā min kulli jūrin lam yarḍahu wa lam yakhāliṭhu fi’āluhu.
Ya ḥannānu anta al-ladzī waṡi’ta kulli syai’in raḥmatan wa ‘ilman, ya ḏā al-iḥsāni qad ‘amma kulli al-khalā’iqi minhu, ya dayyānu al-‘ibādi kulli yaqūmu khāḍi’an lirahbatihi, ya khāliqa man fī as-samāwāti wa al-arḍi wa kulli ilayhi ma’āduhu, ya raḥīmu kulli ṣarīḫin wa makruubin wa ghayṭihi wa ma’āduhu, ya tāmmu falā tuṣaffu al-alsinatu kulli jalāli mulkihi wa ‘izzihi, ya mubdi’a al-bidā’i’i lam yabluġ fī inshā’ihā ‘awnan min khalqihi, ya ‘ālima al-ghuyūbi falā yufūtuhu syai’un min khalqihi wa lā yu’dhuhu, ya ḥalīmu ḏā al-’anāti falā yu’ādiluhu syai’un min khalqihi, ya mu’īdu mā afnāhu iḏā baraza al-khalā’iqu lida’watihi min makhāfatihi, ya ḥamīda al-fa’āli ḏā al-manni ‘alā jamī’i khalqihi biluṭfihi, ya ‘azīza al-manī’u al-ghālibu ‘alā amrihi falā syai’a yu’ādiluhu, ya qāhiru ḏā al-baṭsyi asy-syadīdi anta al-ladzī lā yuṭāqu intiqāmuhu, ya qarība al-muta’ālī fawqa kulli syai’in ‘uluwwu irtifā’ihi, ya mudzillu kulli jabbarin ‘anīdin biqahri ‘azīzi sulṭānihi, ya nūra kulli syai’in wa hudāhu, anta al-ladzī falaqa aẓ-ẓulumāti binūrihi,
Yā 'āliya ash-shāmikhi fawqa kulli shay'in 'uluwwun irtifā'ih, yā qaddūsa aṭ-ṭāhir min kulli su'in falā shay'un yu'ādiluhu2 min khalqih, yā mubdi'a al-barāyā wa mu'īdahā ba'da fanā'iha bi qudratihi, yā jalīla al-mutakabbiri 'an kulli shay'in fāl 'adlu amruhu wa aṣ-ṣidqu wa 'adduhu, yā maḥmūdu falā tublighu al-awhāmu kanahu thanā'uhu wa majduhu, yā karīma al-'afwi dhā al-'adli anta alladhī malā kulla shay'in 'adlahu, yā 'aẓīma dhā ath-thana'i al-fākhiri wa dhā al-'izz wa al-majdi wa al-kibriyā'i falā yuḍillu 'azzuhu, yā 'ajību falā tanṭiqu al-alṣina bikanahi ālā'ihī wa thanā'ihī, yā ghayyāthī 'inda kulli kurabatin wa yā mujībī 'inda kulli da'wah, as'aluka allahumma yā rabb aṣ-ṣalāt 'alā nabiyyika muḥammadin ṣallá allāhu 'alayhi wa sallam wa amānan min 'aqūbāti ad-dunyā wa al-ākhirah wa an taḥbis 'annī abṣāra aẓ-ẓālimīn al-murīdīna bī as-sū'i wa an taṣrif qulūbahum 'an sharrī mā yadmu'ūna bī ilá khayri mā lā yamlikuhu ghayruka, allahumma hādha ad-du'ā'u wa minka al-ijābah wa hadha al-juhdu wa 'alayka at-takallum wa lā ḥawla wa lā quwwata illā billāhi wa ṣallá allāhu 'alā sayyidinā muḥammadin wa ālihī wa sallam.
Artinya, "Maha Suci Engkau, tiada Tuhan selain Engkau. Ya Tuhan segala sesuatu, Yang mewarisi, memberi rezeki, dan Maha Penyayang. Ya Tuhan segala tuhan, Yang Maha Tinggi keagungan-Nya. Ya Allah yang terpuji dalam setiap perbuatan. Ya Maha Pengasih dan Maha Penyayang segala sesuatu. Ya yang Maha Hidup saat tiada yang hidup dalam keabadian kerajaan-Nya dan kekekalan-Nya. Ya yang Maha Berdiri Sendiri, sehingga tiada sesuatu pun yang luput dari ilmu-Nya dan tidak membebani-Nya.
Ya Maha Esa, yang kekal di awal dan akhir segala sesuatu. Ya Maha Kekal, sehingga tiada akhir dan tiada lenyap bagi kerajaan-Nya. Ya Maha Sempurna, tanpa sekutu dan tiada sesuatu pun yang menyerupai-Nya. Ya Pencipta, sehingga tiada sesuatu pun yang sebanding dengan-Nya dan tiada tempat untuk mendeskripsikan-Nya. Ya Maha Besar, Engkaulah yang hati-hati tidak mampu mendeskripsikan keagungan-Nya. Ya Pencipta jiwa-jiwa tanpa contoh, yang bebas dari selain-Nya. Ya Maha Suci dan Maha Bersih dari segala cacat yang mengotori-Nya. Ya Maha Cukup dan Maha Luas bagi apa yang Dia ciptakan dari karunia keutamaan-Nya. Ya Maha Suci dari segala kezaliman, tidak meridhainya dan tidak tercampur dalam perbuatan-Nya.
Ya Allah yang Maha Pengasih, Engkaulah yang meliputi segala sesuatu dengan rahmat dan ilmu-Mu. Ya Allah yang Maha Pemberi, kebaikan-Mu telah meliputi seluruh makhluk. Ya Allah Pembalas hamba-hamba-Nya, semua makhluk tunduk karena takut kepada-Mu. Ya Pencipta langit dan bumi dan segala sesuatu yang ada di dalamnya, kepada-Mu lah semua makhluk akan kembali.
Ya Allah yang Maha Penyayang bagi setiap yang berseru dan yang tertimpa musibah, Engkaulah tempat berlindung dan tempat kembali mereka. Ya Allah yang Maha Sempurna, tidak ada lidah yang mampu mendeskripsikan keagungan kerajaan dan kemuliaan-Mu. Ya Pencipta segala sesuatu yang baru, Engkau tidak membutuhkan bantuan dari makhluk-Mu dalam menciptakannya. Ya Allah yang Maha Mengetahui segala yang ghaib, tidak ada sesuatu pun dari makhluk-Mu yang luput dari pengetahuan-Mu dan tidak ada yang memberatkan-Mu. Ya Allah yang Maha Lembut dan Maha Sabar, tidak ada sesuatu pun dari makhluk-Mu yang dapat menandingi kesabaran-Mu.
Ya Allah yang Mengembalikan segala sesuatu yang telah fana, ketika semua makhluk menghadap-Mu karena takut pada hari kiamat. Ya Allah yang Maha Terpuji dalam perbuatan-Nya, Engkau Maha Pemberi karunia kepada seluruh makhluk-Mu dengan kasih sayang-Mu. Ya Allah yang Maha Perkasa, Maha Tinggi, dan Maha Menang atas segala sesuatu, tidak ada sesuatu pun yang dapat menandingi-Mu.
Ya Allah yang Maha Penakluk, Engkau memiliki kekuatan yang sangat dahsyat dan siksaan-Mu tidak tertahankan. Ya Allah yang Maha Dekat dan Maha Tinggi, Engkau jauh di atas segala sesuatu dengan ketinggian yang tidak terbayangkan. Ya Allah yang Menghinakan setiap orang yang sombong dan keras kepala, dengan kekuatan kerajaan-Mu yang Maha Perkasa. Ya Cahaya segala sesuatu dan Pembimbingnya, Engkaulah yang menerangi kegelapan dengan cahaya-Mu.
Wahai Yang Maha Tinggi di atas segala yang tinggi, Wahai Yang Maha Suci dari segala keburukan, tiada yang menyamai ciptaan-Nya. Wahai Pencipta alam semesta dan yang mengembalikannya setelah kehancurannya dengan kuasa-Nya, Wahai Yang Maha Agung yang melampaui segala sesuatu, keadilan adalah perintah-Nya dan kebenaran adalah janji-Nya.
Wahai Yang Terpuji, tiada khayalan yang mampu mencapai puncak pujian dan keagungan-Nya, Wahai Yang Maha Pemurah yang penuh keadilan, Engkaulah yang memenuhi segala sesuatu dengan keadilan-Mu. Wahai Yang Maha Agung dengan pujian yang mulia, Yang Maha Perkasa, Maha Mulia, dan Maha Tinggi, tiada yang merendahkan kemuliaan-Nya.
Wahai Yang Maha Ajaib, tiada lidah yang mampu mengungkapkan seluruh nikmat dan pujian-Nya, Wahai Penolongku di setiap kesusahan dan Yang Mengabulkan doaku di setiap doa. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu, wahai Tuhan, shalawat atas Nabi-Mu Muhammad SAW, dan keselamatan dari siksaan dunia dan akhirat.
Dan aku mohon kepada-Mu untuk menutup mata orang-orang zalim yang ingin mencelakakanku dan untuk mengalihkan hati mereka dari keburukan yang mereka sembunyikan untukku kepada kebaikan yang tidak dimiliki oleh siapapun selain Engkau.
Ya Allah, inilah doaku dan Engkaulah yang mengabulkannya, inilah upayaku dan Engkaulah yang menanggungnya, dan tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah. Semoga Allah swt melimpahkan rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw, keluarga, dan para sahabatnya." (Al-Makki, Qutul Qulub, jilid I, halaman 130].
Amalan Nabi Idris: Berpuasa
Puasa Nabi Idris adalah salah satu amalan puasa sunnah yang diyakini sebagai bagian dari ibadah yang dilakukan oleh Nabi Idris AS. Menurut beberapa riwayat, Nabi Idris sering berpuasa dan memiliki kebiasaan puasa sepanjang hari, atau selama tiga hari setiap bulan, yang dikenal sebagai Ayyamul Bidh (puasa pada hari-hari putih, yaitu tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan Hijriyah).
Adapun keutamaan puasa Nabi Idris di antaranya:
1. Meneladani Kesalehan Nabi Idris
Dengan mengamalkan puasa sunah, kita meniru kesalehan dan ketaatan Nabi Idris kepada Allah SWT.Nabi Idris dikenal sebagai nabi yang sangat tekun beribadah, penuh kesabaran, dan rajin berpuasa. Mengikuti amalan seperti ini dapat membantu meningkatkan ketakwaan dan memperbaiki hubungan spiritual dengan Allah.
2. Meningkatkan Kedisiplinan dan Kesabaran
Puasa adalah salah satu cara untuk melatih kesabaran, menahan hawa nafsu, dan memperbaiki diri. Puasa juga mengajarkan kedisiplinan dalam menjalani ibadah secara konsisten, seperti yang dilakukan oleh Nabi Idris dalam kehidupan sehari-harinya.
3. Mendekatkan Diri kepada Allah
Mengamalkan ibadah sunah, termasuk puasa Nabi Idris, merupakan cara untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memperoleh ridha-Nya. Orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala yang besar, baik dari sisi spiritual maupun fisik, karena puasa juga baik untuk kesehatan tubuh.
4. Mengikuti Sunnah Nabi
Meskipun puasa Nabi Idris tidak secara langsung diwajibkan, mengamalkan puasa sunah adalah bagian dari mengikuti sunnah para nabi, yang merupakan contoh-contoh terbaik dalam hal ibadah dan ketakwaan.
Puasa Nabi Idris adalah salah satu bentuk ibadah sunah yang dianjurkan bagi umat Muslim untuk meneladani kesalehan Nabi Idris AS. Puasa ini bisa dilakukan kapan saja sebagai puasa sunah biasa, dengan niat ikhlas untuk Allah SWT. Dengan mengamalkannya, seseorang bisa mendapatkan manfaat spiritual, melatih kesabaran, dan mendekatkan diri kepada Allah.