Pemerintah Siap Dukung Esport di Indonesia
Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan kesiapan pemerintah Indonesia untuk mendukung perkembangan esport di Indonesia. Dia melihat bagaimana esport telah menjadi bagian besar bagi masyarakat Indonesia dan berdampak langsung pada masyarakat maupun Indonesia.
"Esport membuka kesempatan bagi milenial untuk menjadi game developer. Dalam konteks developing gamesnya, itu menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia," tuturnya dalam acara IDBYTE ESPORT 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten pada Jumat (13/9) ini.
Rudiantara melanjutkan pemerintah memiliki tiga langkah untuk membantu mengembangkan industri esport. Langkah-langkah tersebut adalah mengurangi peran pemerintah sebagai regulator dan menambah perannya sebagai fasilitator dan akselerator.
-
Bagaimana Alam Ganjar membantu perkembangan esports di Indonesia? Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Zinedine Alam Ganjar, CEO Pigmy Esports dan Dani Sumarsono, Presiden Direktur CBN. Kerjasama ini diharapkan bisa turut memajukan olahraga esports tanah air.
-
Mengapa industri game di Indonesia terus berkembang? Dengan semakin berkembangnya digitalisasi dan jumlah pemain game yang bertambah, serta dukungan dari ekosistem yang kuat, kedua industri ini diprediksi akan terus tumbuh dengan pesat.
-
Siapa saja yang menikmati industri esports? Industri esports terus tumbuh dan dinikmati oleh berbagai kalangan usia dan sosial.
-
Kenapa Banyuwangi adakan kompetisi E-Sports? Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, e-sports merupakan industri yang berkembang pesat. Mewadahi komunitas gamer, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi menggelar Banyuwangi E-Sports Competition, di Sun East Mall, Genteng, 3 hingga 6 Juli 2024.
-
Bagaimana Prabowo Gibran akan tingkatkan e-sport? Koordinator Harian Penerus Negeri DKI Jakarta, Anindya Pohan menuturkan, saat ini pemerintahan Presiden Joko Widodo mendukung penuh pengembangan e-sport di Indonesia. Harapannya, kedepan para atlet e-sport bisa berprestasi mengharumkan nama baik Indonesia hingga internasional.'Pada masa pemerintahan Pak Prabowo dan Mas Gibran, kami berharap akan terus berkembang dan dapat melanjutkan momentum yang telah tercipta pada masa pemerintahan Pak Jokowi,' ucap Anindya yang juga Ketua Harian Asosiasi Video Games Indonesia (AVGI) ini dalam dalam keterangannya, Sabtu (9/12).
-
Siapa Menteri Olahraga pertama Indonesia? Secara mengejutkan, karier Maladi semakin meningkat tajam setelah dirinya ditunjuk oleh Presiden Soekarno untuk menjabat sebagai Menteri Olahraga pertama di Indonesia periode tahun 1950-1959.
Sebagai regulator, pemerintah akan menyederhanakan dan membuat regulasi yang telah ada lebih rileks. Sebagai contoh, penyedia sistem elektronik hanya akan memerlukan registrasi. Perlisensian untuk industri yang awalnya ketat regulasi disederhanakan, seperti industri telekomunikasi,penyiaran, dan pos.
"Kami akan masih menjadi regulator tetapi menjadi apa yang disebut light touch regulation approach. Jangan belum apa-apa diregulasi, nanti gak bisa maju. Kita biarkan dulu berjalan," kata Rudiantara.
Kemudian sebagai fasilitator, pemerintah telah memfasilitasi dengan proyek Palapa Ring yng kini telah selesai. Pemerintah juga akan mendukung pertumbuhan untuk lebih dari 1.000 startup digital serta mengembangkan talenta digital anak bangsa dengan memberikan 20.000 beasiswa untuk kemampuan digital yang telah berpartner dengan 20 universitas ternama di Indonesia
"Akhir-akhir ini saya sering bersama dengan generasi muda dan saya selalu bertanya, apakah yang kamu perlukan dari pemerintah. Apakah yang menurutmu pemerintah harus lakukan. Selagi saya menjadi menteri, saya bisa memfasilitasi," tandasnya.
Terakhir, pemerintah akan menjadi akselerator. Pemerintah akan mendukung perkembangan usaha untuk menjadi unicorn selanjutnya dari Indonesia, seperti melalui program Nexticorn. Pemerintah juga mendukung perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) Indonesia agar bisa go online dan digital.
Rudiantara berharap langkah-langkah yang telah dilakukan pemerintah ini dapat membantu menciptakan berbagai atlet-atlet baru untuk esport yang nantinya akan menjadi bagian dari olimpiade internasional.
"Kami membutuhkan prestasi. Pada Asian Games 2018 lalu kan esport masih berupa ekshibisi sedangkan pada Asian Games 2022 di Hangzhou akan ada cabang olahraga esport," jelasnya.
Untuk itu, pemerintah telah membentuk lembaga esport bernama Asosiasi Olahraga Video Games Indonesia (AVGI) yang bertujuan untuk menciptakan ekosistem esport yang sehat, seimbang, dan positif.
Reporter Magang: Joshua Michael (mdk/faz)
Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya
Indosat Ooredoo Hutchison telah berkolaborasi dengan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) dan platform esports mobile game, Garudaku.
Baca SelengkapnyaSalah satu agenda yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah perihal finalisasi Peraturan Presiden (Perpres) Industri Game Nasional.
Baca SelengkapnyaIndustri telekomunikasi dan game di Indonesia tengah mengalami perkembangan yang luar biasa di Asia.
Baca SelengkapnyaPresiden sangat antusias mengikuti perkembangan Esports di tanah air, banyak bakat anak-anak muda yang lahir dan berkembangan dengan cepat.
Baca SelengkapnyaLangkah-langkah ini guna mendorong ekonomi kreatif di Indonesia semakin semarak.
Baca SelengkapnyaBerikut salah satu strategi Telkomsel dukung industri e-sports Indonesia.
Baca SelengkapnyaBupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, e-sports merupakan industri yang berkembang pesat.
Baca SelengkapnyaBanyak orang yang rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar hanya untuk game online.
Baca SelengkapnyaTaufik menyambut positif audiensi dengan Emtek lantaran peran media begitu penting untuk kemajuan olahraga.
Baca SelengkapnyaDalam sambutannya Budi Gunawan mengatakan, secara global jangkauan e-sports sudah berkembang sangat pesat
Baca SelengkapnyaUpaya-upaya menumbuhkan pengembangan ekonomi digital perlu kerja bersama.
Baca SelengkapnyaKesuksesan kolaborasi ini mendorong pihaknya berkomitmen untuk menghadirkan rangkaian program berbasis aktivasi offline untuk menjangkau audiens mahasiswa.
Baca Selengkapnya