Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Dorong Produktivitas, Kemenperin Harap Industri Mainan Bisa Sedot Investasi

Dorong Produktivitas, Kemenperin Harap Industri Mainan Bisa Sedot Investasi pameran industri mainan. ©Istimewa

Merdeka.com - Tiga pameran dagang berstandar internasional digelar secara bersamaan mulai hari ini hingga 20 Juli 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Ketiga pameran tersebut ialah pameran mainan dan produk anak 'Indonesia International Toys and Kids Expo 2019 (IITE)', pameran peralatan dan dekorasi rumah 'Indonesia International Gift and Home Expo (IIGH)', dan pameran taman hiburan 'Indonesia International Amusement dan Leisure Expo (IIAE)'.

Direktur Industri Kecil dan Menengah Pangan, Barang dari Kayu dan Furnitur Kementerian Perindustrian, Sri Yunianto saat meresmikan langsung dimulainya pameran.

"Penyelenggaraan pameran Indonesia International Toys & Kids Expo (IITE) 2019 adalah momen yang tepat untuk mempromosikan produk mainan anak dalam negeri dan menarik investasi, terutama industri pendukung mainan, agar dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing industri mainan di tanah air," katanya.

Berdasarkan data BPS, jumlah anak usia 0–14 tahun di Indonesia pada tahun 2018 mencapai 70 juta orang. Hal tersebut merupakan peluang pasar yang cukup besar bagi industri mainan di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, setidaknya terdapat 90 perusahaan industri mainan skala menengah besar dan banyak terdapat industri kecil yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia, yang berhasil menyerap sekitar 86 ribu tenaga kerja.

Perusahaan-perusahaan tersebut mampu mencatatkan nilai ekspor sebesar USD 382 juta pada tahun 2018, atau naik 10 persen dari tahun 2017, dan menunjukkan neraca positif sebesar USD 132 juta dari nilai impornya. Di samping itu nilai investasi di sektor industri mainan pada tahun 2018 mencapai Rp200 miliar.

Hal ini menunjukkan bahwa industri mainan nasional merupakan salah satu komoditi yang potensial, dan telah menunjukkan daya saingnya di kancah global.

"Diharapkan melalui pameran ini akan terjadi transfer teknologi dari industri mainan luar negeri yang turut berpartisipasi dalam pameran ini. Selain itu, pameran ini juga diharapkan dapat menjadi peluang bagi industri dalam negeri untuk mencari sumber-sumber bahan baku, teknologi, desain dan hal-hal lainnya yang dapat memperkaya kompetensi industri mainan di dalam negeri," jelas Sri Yunianto.

Tahun ini, animo perusahaan untuk berpartisipasi meningkat 100 persen dibanding tahun lalu dengan melibatkan lebih dari 350 perusahaan besar dari negara Asia Tenggara seperti China, Indonesia, Thailand, Jepang, dan Malaysia. Lebih dari 40.000 produk mainan anak yang menghibur dan mendidik dipamerkan.

Pada waktu bersamaan digelar pameran Indonesia International Gift and Home Product yang menghadirkan produk rumah tangga, aksesoris dan souvenir. Pameran yang digelar untuk pertama kalinya ini diharapkan mampu menjadikan Indonesia sebagai pusat bisnis gift dan home product di Asia Tenggara. Produk-produk yang dipamerkan meliputi kategori produk rumah tangga dari stainless steel, plastik, peralatan memasak, aksesoris dan souvenir.

Berbagai produk rumah tangga berkualitas dari brand-brand ternama dihadirkan. Satu dari sekian brand tersebut yakni Carl Schmidt Sohn dari Jerman yang menghadirkan produk berteknologi ramah lingkungan dan beberapa brand ternama lainnya. Berbagai dekor rumah unik dan estetik juga dihadirkan oleh perusahaan-perusahaan ternama dari 6 negara yakni Indonesia, China, Malaysia, Thailand, India, dan Korea.

"Kami berharap pameran IIGH ini dapat merangsang produsen-produsen lokal untuk bisa bekerjasama dengan para eksibitor international untuk meningkatkan daya saing mereka, baik di pasar lokal maupun internasional," ujar Jason Chen, General Manager ChaoYu Expo selaku penyelenggara pameran.

Pameran lainnya yakni Indonesia International Amusement dan Leisure Expo (IIAE) yang fokus pada kelengkapan Indoor theme park dan water theme park desain dan teknologi terbaru. Pameran ini digelar guna mengakomodasi meningkatnya minat investor atau developer untuk membangun taman hiburan dan rekreasi di Indonesia.

(mdk/idr)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Wamenperin: Serap 12,3 Juta Tenaga Kerja, IKM Wujudkan Pemerataan dan Pengentasan Kemiskinan
Wamenperin: Serap 12,3 Juta Tenaga Kerja, IKM Wujudkan Pemerataan dan Pengentasan Kemiskinan

Kemenperin mencatat industri tersebut mencakup 99,7 persen dari total unit usaha industri di Indonesia, menyerap 12,37 juta tenaga kerja.

Baca Selengkapnya
99,62 Pelaku Usaha di Indonesia Ternyata Hanya Pengusaha Mikro, Apa Solusi Pemerintah?
99,62 Pelaku Usaha di Indonesia Ternyata Hanya Pengusaha Mikro, Apa Solusi Pemerintah?

99,62 Pelaku Usaha di Indonesia Ternyata Hanya Pengusaha Mikro, Apa Solusi Pemerintah?

Baca Selengkapnya
70.000 Unit Motor Listrik Sudah Beredar di Indonesia Sejak 2018
70.000 Unit Motor Listrik Sudah Beredar di Indonesia Sejak 2018

Peningkatan ini sejalan dengan berbagai program insentif pemerintah.

Baca Selengkapnya
Hal yang Perlu Dilakukan Indonesia Hadapi Bonus Demografi Menurut Ganjar
Hal yang Perlu Dilakukan Indonesia Hadapi Bonus Demografi Menurut Ganjar

Ganjar menegaskan bonus demografi bisa mewujudkan Indonesia emas.

Baca Selengkapnya
FOTO: Diminati Banyak Kalangan, Perkembangan Bisnis Rancang Bangun Model Kertas Bernilai Jual Ratusan Ribu Rupiah
FOTO: Diminati Banyak Kalangan, Perkembangan Bisnis Rancang Bangun Model Kertas Bernilai Jual Ratusan Ribu Rupiah

Setiap rancang bangun model kertas atau papercraft ini dijual mulai dari Rp50.000 hingga Rp300.000.

Baca Selengkapnya
Jumlah Wirausaha Muda Indonesia Masih Sangat Sedikit, Apa Soluisnya
Jumlah Wirausaha Muda Indonesia Masih Sangat Sedikit, Apa Soluisnya

Jumlah wirausahawan muda berusia 20-29 tahun masih cukup rendah, yakni sebesar 6,1 juta orang.

Baca Selengkapnya
Masyarakat Indonesia Habiskan Rp30 T untuk Game Online, Mayoritas Mengalir ke Luar Negeri
Masyarakat Indonesia Habiskan Rp30 T untuk Game Online, Mayoritas Mengalir ke Luar Negeri

Banyak orang yang rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar hanya untuk game online.

Baca Selengkapnya
Pertumbuhan Ekonomi 5 Persen Saja Tak Cukup Buat Indonesia Jadi Negara Maju di 2045, Apa Hal Lainnya?
Pertumbuhan Ekonomi 5 Persen Saja Tak Cukup Buat Indonesia Jadi Negara Maju di 2045, Apa Hal Lainnya?

Airlangga mengatakan, untuk mewujudkan visi Indonesia emas, Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kekuatan pertama.

Baca Selengkapnya
Cara Kemenparekraf Genjot Industri Kreatif, Game dan Film Terus Didorong
Cara Kemenparekraf Genjot Industri Kreatif, Game dan Film Terus Didorong

Langkah-langkah ini guna mendorong ekonomi kreatif di Indonesia semakin semarak.

Baca Selengkapnya
Menkop Teten: Industri Otomotif Sumbang Rp311 Triliun ke Ekonomi Indonesia
Menkop Teten: Industri Otomotif Sumbang Rp311 Triliun ke Ekonomi Indonesia

Melihat hal itu, tren industri Electric Vehicle (EV) atau mobil listrik, kata Teten juga memberi peluang bagi usaha kecil dan menengah.

Baca Selengkapnya
Rosan Roeslani: Realisasi Investasi Terus Bertumbuh, Indonesia Konsisten Jalankan Hilirisasi
Rosan Roeslani: Realisasi Investasi Terus Bertumbuh, Indonesia Konsisten Jalankan Hilirisasi

Sejalan dengan proyeksi Bank Dunia yang memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berada di kisaran 5,0% pada 2024, realisasi investasi menunjukkan tren

Baca Selengkapnya
FOTO: Libur Lebaran 2024, Pedagang Pasar Gembrong Raup Untung Berlimpah
FOTO: Libur Lebaran 2024, Pedagang Pasar Gembrong Raup Untung Berlimpah

Libur Lebaran dimanfaatkan para orang tua yang mengajak anaknya untuk berbelanja mainan di Pasar Gembrong.

Baca Selengkapnya