Kisah Lurik Sekar Asri asal Klaten yang Ingin Memanusiakan Manusia
Di balik keindahan kain lurik khas Klaten ini, ada semangat memanusiakan manusia
Di balik keindahan kain lurik khas Klaten ini, ada semangat memanusiakan manusia
Kisah Lurik Sekar Asri asal Klaten yang Ingin Memanusiakan Manusia
Siti Rohmah (43) dan Riyanto (46) merupakan salah satu perajin kain lurik yang masih bertahan di Desa Kedungampel, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten.
Mereka membuat aneka variasi kain tradisional khas Jawa tersebut, dengan menyesuaikan dengan pasar masa kini, seperti kemeja, blazer, kebaya sampai topi.
Sisi menarik dari usaha bernama Lurik Sekar Asri sendiri terdapat di prosesnya yakni ATBM alias alat tenun bukan mesin.
-
Apa yang menjadi fokus Lurik Sekar Asri? 'Lurik Sekar Asri ini fokusnya memang di lurik kasaran, bukan yang halusan. Ini memakai benang bola dengan jenis kain katun yang menyerap keringat,' kata Siti, Jumat (26/4) lalu.
-
BRI Fellowship Journalism 2024 tentang apa? Menginspirasi, Tiga UMKM BRI di Yogyakarta Ini Bawa Misi Selamatkan Lingkungan Para pelaku UMKM BRI Yogyakarta ini menebarkan kelezatan serta kebaikan dari produknya bagi lingkungan sekitar.
-
Bagaimana Lurik Sekar Asri terus berinovasi? Produk-produk yang dihasilkan turut disesuaikan dengan tren kekinian, sehingga pangsa pasarnya bisa lebih luas. Dari sana, lahirlah kain lurik yang dimodifikasi menjadi kemeja, kebaya modern, blazer sampai topi dengan warna kalem dan motif gradasi.
-
Apa itu program BRI Fellowship Journalism 2024? Desa BRIlian merupakan bentuk apresiasi BRI bagi desa-desa yang aktif bergerak memajukan desanya. Desa-desa yang tergabung dalam program Desa BRIlian diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi kemajuan desa yang dapat direplikasi ke desa-desa lainnya.
-
Siapa yang ikut program BRI Fellowship Journalism 2024? Salah satu pelaku UMKM, Sugeng Apriyanto yang merupakan pengelola sekaligus Ketua Kelompok Tani Hutan Madu Sari (KTH) mengatakan jika kegiatan budidaya madu lanceng ini dibarengi dengan gerakan penanaman pohon agar hayati di wilayahnya tetap terjaga.'Anggota kelompok yang budidaya madu lanceng ini secara tidak langsung itu ada dampaknya. Dampak ekonominya maupun dampak ke lingkungannya,' kata Sugeng kepada Merdeka.com, belum lama ini.
-
Dimana pembuatan lurik Klaten terjadi? Pembuatan lurik tradisional ini bisa disaksikan langsung di halaman rumah warga di Kedungampel Desa Kedungampel di Kecamatan Cawas, menjadi salah satu wilayah yang melestarikan kerajinan kain tradisional lurik khas Kabupaten Klaten.
Ada banyak pegawai yang terlibat di usaha yang mereka rintis, dan seluruhnya merupakan warga di sekitar tempat tinggal.
Kisah upaya Siti Rohmah dan Riyanto kemudian menginspirasi karena melalui selembar kain lurik, terdapat upaya memanusiakan manusia.
Demi menyambung hidup di tengah kondisi ekonomi yang masih belum 100 persen pulih semenjak pandemi Covid-19 beberapa tahun silam.
Berikut kisahnya.
Merangkul Warga dalam Memproduksi Lurik
Kepada Merdeka.com, Jumat (26/4) lalu, Siti Rohmah mengatakan bahwa ketika awal berdiri usaha lurik di tempatnya langsung melibatkan warga sekitar.
Saat itu di tahun 2018, mereka berhasil memberdayakan sebanyak 33 warga sekitar, yang rata-rata sudah berusia di atas 40 tahun.
Kebanyakan warga setempat bekerja sebagai petani, namun dengan kondisi ekonomi yang belum stabil setelah pandemi Covid-19 empat tahun ke belakang.
“Dulu sebelum Covid-19, penenunnya saya itu ada 33 dan dikerjakan dari rumah masing-masing. Jadi niatnya itu membantu perekonomian warga yang terdampak pandemi,” kata Siti Rohmah
Mereka kemudian mendapat tugas untuk memintal benang, mengecilkan ukuran, memberi warna sampai menenun menjadi kain lurik setengah jadi. Hasil dari warga kemudian disempurnakan di garmen milik Siti untuk dijadikan aneka variasi kain lurik.
Ajak Warga Agar Tetap Produktif
Beberapa bulan belakangan, pesanan lurik kasar yang menjadi produk andalan Siti Rohmah mengalami penurunan.
Kondisi ini membuat dirinya terpaksa merumahkan 33 pegawainya yang sebelum pandemi bekerja di tempatnya.
Ini dipicu adanya invasi lurik halus dari Bandung, dengan harga yang lebih murah. Sehingga, kain lurik kasar dengan proses produksi ATBM yang panjang dan lebih mahal menjadi sepi peminat.
Namun, Siti tak ingin warganya berhenti bekerja. Sehingga ia bersama Riyanto terus menawarkan produksi namun dengan skala kecil, salah satunya produk selendang untuk para petani bekerja di sawah.
“Jadi penurunan ini terjadi sejak Desember setelah maraknya lurik dari Bandung dengan harga yang lebih murah. Tapi kami tetap tawarkan untuk memproduksi, karena ada beberapa yang alat tenunnya dari kami, kami tawarkan untuk membuat selendang ke sawah daripada mereka nganggur, walau hasilnya sangat kecil hanya Rp170 ribu dalam sebulan, tetapi mereka tetap dapat pemasukan,” terang dia.
“Sedangkan kalau dulu saat masih ramai pesanan, satu kali proses yang dikerjakan warga bisa sampai Rp700 ribu, sedangkan kalau bisa dua kali dalam sebulan kan bisa Rp1,4 juta,” kata Siti Rohmah.
Tak Ingin Punya Karyawan Lepasan
Karena proses produksi yang rumit dan melibatkan banyak orang, keduanya benar-benar terbantu melalui tenaga dari masyarakat sekitar.
Kondisi ini akan semakin terasa ringan, ketika banyak orderan kain lurik untuk kebutuhan karnaval dan kebudayaan nasional
Namun, mereka memiliki prinsip agar karyawan yang bekerja bisa berlanjut. Artinya, para pegawai di sini diupayakan agar berkelanjutan dan bukan merupakan pegawai lepasan maupun Borongan.
“Kalau kami pinginnya mereka bisa bekerja tetap, dan kami tidak ingin menambah orang (lepasan) saat pesanan banyak. Jadi warga bisa tetap bekerja dan mendapatkan pemasukan rutin,” terang Siti.
“Semoga bisa tetap memanusiakan manusia,” tambah Riyanto.
Agar usahanya bisa tetap berlangsung, Siti Rohmah dan Riyanto saat ini terus mengupayakan produktivitas usahanya.
Tahun 2023 lalu, mereka meminjam fasilitas Kredit Usaha Pedesaan, yang salah satu peruntukannya untuk menambah anggaran produksi.
Sebelumnya, Riyanto sudah menjadi nasabah BRI sejak 1999 silam dengan meminjam Rp2 juta pada saat itu.
“Terakhir saya pinjam Rp200 jutaan lebih, untuk keperluan pribadi dan sisanya untuk membantu lurik,” terang Riyanto.
Riyanto dan Siti Rohmah berharap permintaan lurik tradisional bisa kembali meningkat, sehingga dirinya bisa kembali memberdayakan warga sekitar secara layak dan maksimal.