Surah Juz 30 Lengkap Arab Latin untuk Dihafalkan, Baca Selengkapnya
Dikenal sebagai Juz Amma, juz 30 dalah bagian juz terakhir dalam kitab suci Al-Quran.
Dikenal sebagai Juz Amma, juz 30 dalah bagian juz terakhir dalam kitab suci Al-Quran.
Surah Juz 30 Lengkap Arab Latin untuk Dihafalkan, Baca Selengkapnya
Juz 30 dalam Al-Quran, yang juga dikenal sebagai Juz Amma, adalah bagian juz terakhir dalam kitab suci Al-Quran. Juz 30 diawali dengan surah An-Naba dan diakhiri dengan surah An-Naas. Total terdapat 37 surah dalam juz 30 Al-Quran. Surah-surah pendek yang tergabung dalam juz 30 sebagian besar diturunkan di Mekkah, sehingga masuk ke dalam golongan surat Makkyiyah.
Masing-masing surah juz 30 disusun sesuai dengan urutan dalam mushaf Al-Quran. Mushaf Al-Qurâan sendiri adalah salinan wahyu Allah (Al-Qur'an) dalam bentuk lembaran-lembaran naskah tulis.
Juz 30 ini diawali dengan surah An-Naba dan diakhiri dengan surah An-Naas. Jadi, total terdapat 37 surah dalam juz 30 Al-Qurâan.
Berikut adalah surah juz 30 Arab Latin lengkap untuk Anda hafalkan. Amalkan surah-surah sebagai surah pendek saat mengerjakan salat.
-
Apa perbuatan buruk yang Allah larang dalam surat Al Isra ayat 32? Dalam ayat ini, Allah berfirman, âDan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.â (QS Al Isra : 32)
-
Apa yang disampaikan di khutbah Jumat? Khotbah Jumat adalah sarana untuk menyebarkan ajaran agama Islam kepada umat muslim. Melalui khotbah, para khatib memiliki kesempatan untuk menyampaikan pesan-pesan agama, memberikan nasihat, serta mengingatkan umat tentang tugas dan tanggung jawab mereka dalam menjalankan ajaran Islam.
-
Kenapa Allah melarang zina dalam surat Al Isra ayat 32? Meskipun hanya berupa larangan, namun sebenarnya ayat ini merupakan peringatan dari Allah. Bahwa Allah ingin melindungi semua umatnya dari perbuatan buruk dan merugikan, dengan memberikan peringatan.
-
Apa yang dilarang oleh Surat Al Hujurat ayat 12? Surat Al Hujurat ayat 12 memiliki makna yang mendalam tentang larangan untuk membicarakan hal buruk dari orang lain. Berdasarkan tafsir Ibnu Katsir, Allah melarang manusia untuk berprasangka buruk.
-
Kapan Surat Al Hujurat ayat 12 diturunkan? Surat Al Hujurat adalah termasuk dalam surat Madaniyah karena diturunkan di kota Madinah.
-
Apa yang diajarkan oleh Surat At-Taubah ayat 105? Surat At Taubah ayat 105 wajib diamalkan oleh setiap umat Muslim untuk melakukan amal shaleh sekaligus mengajarkan etos kerja dalam dunia. Ini isinya. Kandungan Surah At-Taubah ayat 105 berisi tentang motivasi amal dan etos kerja. Ayat ini menganjurkan kepada semua Muslim untuk memaknai etos kerja yang diajarkan di dalam Al-Qurâan.
Mengenal Juz 30 dalam Al-Quran
Juz 30 atau sering dikenal dengan sebutan Juz âAmma merupakan bagian Juz yang terakhir dalam Al-Quran. Juz 30 ini diawali dengan surah An-Naba dan diakhiri dengan surah An-Naas dengan total terdapat 37 surah dalam juz 30 Al-Qurâan.
Sebagian besar surat dalam Juz 30 adalah surah-surah pendek dari surah yang turun di Mekkah, sehingga masuk ke dalam golongan surat Makkyiyah. Beberapa surah yang turun di Madinah hanya Surah Al-Bayyinah, Az-Zalzalah, dan An-Nasr.
Penamaan Juz 30 atau Juz âAmma sendiri diambil dari ayat pertama pada surat pertama dalam Juz Amma atau surah An Naba dan berakhir dalam Surah An-Naas ayat 6. Juz 30 ini diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW secara berangsur-angsur. Dengan total waktu yang dibutuhkan yakni selama 22 tahun 2 bulan 22 hari.
Dalam beribadah, umat Islam menggunakan surat dalam Juz 30 untuk sholat baik wajib (Subuh, Dzuhur, Ashar, Magrib, dan Isya) maupun sunnah secara berjamaah (Tarawih atau Witir) membacakan ayat-ayat dalam Juz ini setelah pembacaan Surah Al-Fatihah.
Sementara dalam tradisi rakyat Indonesia, juz 30 umum disusun secara tunggal atau dalam buku khusus yang hanya menuliskan surah-surah terakhir dalam Juz 30. Kini, kitab-kitab tunggal Juz âAmma dalam pendidikan dan pembelajaran Al-Qur'an kebanyakan digunakan dalam tahap kedua belajar membaca Al-Qur'an, setelah fase pengenalan huruf Hijaiyah melalui metode Iqra atau metode serupa lainnya sebelum mempelajari dan membacakan Al-Qur'an dengan jumlah Juz yang lengkap.
Surah Juz 30 Lengkap
1. Surah An-Naba
بÙسÙÙ
٠اÙÙÙÙ°Ù٠اÙرÙÙØÙÙ
Ù°Ù٠اÙرÙÙØÙÙÙÙ
Ù
عÙÙ
ÙÙ ÙÙتÙسÙاۤءÙÙÙÙÙÙÙÛ
âamma yatasÄ`alụn
Tentang apakah mereka saling bertanya-tanya?
عÙÙ٠اÙÙÙÙبÙا٠اÙÙعÙظÙÙÙÙ
ÙÛ
âanin-naba`il-âaáºÄ«m
Tentang berita yang besar (hari kebangkitan),
اÙÙÙØ°ÙÙÙ ÙÙÙ
Ù ÙÙÙÙÙÙ Ù
ÙØ®ÙتÙÙÙÙÙÙÙÙÙÛ
allażī hum fīhi mukhtalifụn
yang dalam hal itu mereka berselisih.
ÙÙÙÙÙا سÙÙÙعÙÙÙÙ
ÙÙÙÙÙÛ
kallÄ sayaâlamụn
Tidak! Kelak mereka akan mengetahui,
Ø«ÙÙ
ÙÙ ÙÙÙÙÙا سÙÙÙعÙÙÙÙ
ÙÙÙÙÙ
ṡumma kallÄ sayaâlamụn
sekali lagi tidak! Kelak mereka akan mengetahui.
اÙÙÙÙ
Ù ÙÙجÙعÙÙ٠اÙÙاÙرÙض٠Ù
ÙÙٰدÙاÛ
a lam najâalil-ará¸a mihÄdÄ
Bukankah Kami telah menjadikan bumi sebagai hamparan,
ÙÙÙاÙÙجÙبÙاÙ٠اÙÙÙتÙادÙاÛ
wal-jibÄla autÄdÄ
dan gunung-gunung sebagai pasak?
ÙÙÙØ®ÙÙÙÙÙÙÙ°ÙÙÙ
٠اÙزÙÙÙاجÙاÛ
wa khalaqnÄkum azwÄjÄ
Dan Kami menciptakan kamu berpasang-pasangan,
ÙÙÙجÙعÙÙÙÙÙا ÙÙÙÙÙ
ÙÙÙÙ
٠سÙبÙاتÙاÛ
wa jaâalnÄ naumakum subÄtÄ
dan Kami menjadikan tidurmu untuk istirahat,
ÙÙÙجÙعÙÙÙÙÙا اÙÙÙÙÙÙÙ ÙÙبÙاسÙاÛ
wa jaâalnal-laila libÄsÄ
dan Kami menjadikan malam sebagai pakaian,
ÙÙÙجÙعÙÙÙÙÙا اÙÙÙÙÙÙار٠Ù
ÙعÙاشÙاÛ
wa jaâalnan-nahÄra maâÄsyÄ
dan Kami menjadikan siang untuk mencari penghidupan,
ÙÙبÙÙÙÙÙÙÙا ÙÙÙÙÙÙÙÙÙ
٠سÙبÙعÙا Ø´ÙدÙادÙاÛ
wa banainÄ fauqakum sabâan syidÄdÄ
dan Kami membangun di atas kamu tujuh (langit) yang kokoh,
ÙÙÙجÙعÙÙÙÙÙا سÙرÙاجÙا ÙÙÙÙÙÙاجÙاÛ
wa jaâalnÄ sirÄjaw wahhÄjÄ
dan Kami menjadikan pelita yang terang-benderang (matahari),
ÙÙÙاÙÙÙزÙÙÙÙÙا Ù
ÙÙ٠اÙÙÙ
ÙعÙصÙرٰت٠Ù
Ùاۤء٠ثÙجÙÙاجÙاÛ
wa anzalnÄ minal-muâá¹£irÄti mÄ`an ṡajjÄjÄ
dan Kami turunkan dari awan, air hujan yang tercurah dengan hebatnya,
ÙÙÙÙÙØ®ÙرÙج٠بÙÙÙ ØÙبÙÙا ÙÙÙÙÙبÙاتÙاÛ
linukhrija bihÄ« ḥabbaw wa nabÄtÄ
untuk Kami tumbuhkan dengan air itu biji-bijian dan tanam-tanaman,
ÙÙÙجÙÙÙٰت٠اÙÙÙÙÙاÙÙاÛ
wa jannÄtin alfÄfÄ
dan kebun-kebun yang rindang.
اÙÙÙÙ ÙÙÙÙÙ
٠اÙÙÙÙصÙÙÙ ÙÙاÙÙ Ù
ÙÙÙÙÙاتÙاÛ
inna yaumal-faá¹£li kÄna mÄ«qÄtÄ
Sungguh, hari keputusan adalah suatu waktu yang telah ditetapkan,
ÙÙÙÙÙÙ
Ù ÙÙÙÙÙÙخ٠ÙÙ٠اÙصÙÙÙÙر٠ÙÙتÙØ£ÙتÙÙÙÙ٠اÙÙÙÙÙاجÙاÛ
yauma yunfakhu fiá¹£-ṣụri fa ta`tụna afwÄjÄ
(yaitu) pada hari (ketika) sangkakala ditiup, lalu kamu datang berbondong-bondong,
ÙÙÙÙÙتÙØÙت٠اÙسÙÙÙ
Ùاۤء٠ÙÙÙÙاÙÙت٠اÙبÙÙÙابÙاÛ
wa futiḥatis-samÄ`u fa kÄnat abwÄbÄ
dan langit pun dibukalah, maka terdapatlah beberapa pintu,
ÙÙÙسÙÙÙÙرÙت٠اÙÙجÙبÙاÙÙ ÙÙÙÙاÙÙت٠سÙرÙابÙاÛ
wa suyyiratil-jibÄlu fa kÄnat sarÄbÄ
dan gunung-gunung pun dijalankan sehingga menjadi fatamorgana.
اÙÙÙ٠جÙÙÙÙÙÙÙ
Ù ÙÙاÙÙت٠Ù
ÙرÙصÙادÙاÛ
inna jahannama kÄnat mirá¹£ÄdÄ
Sungguh, (neraka) Jahanam itu (sebagai) tempat mengintai (bagi penjaga yang mengawasi isi neraka),
ÙÙÙÙØ·ÙٰغÙÙÙÙÙ Ù
ÙاٰبÙاÛ
liá¹-á¹ÄgÄ«na ma`ÄbÄ
menjadi tempat kembali bagi orang-orang yang melampaui batas.
ÙÙٰبÙØ«ÙÙÙÙÙ ÙÙÙÙÙÙا٠اÙØÙÙÙابÙاÛ
lÄbiṡīna fÄ«hÄ aḥqÄbÄ
Mereka tinggal di sana dalam masa yang lama,
ÙÙا ÙÙØ°ÙÙÙÙÙÙÙÙÙ ÙÙÙÙÙÙا بÙرÙدÙا ÙÙÙÙÙا Ø´ÙرÙابÙاÛ
lÄ yażụqụna fÄ«hÄ bardaw wa lÄ syarÄbÄ
mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman,
اÙÙÙÙا ØÙÙ
ÙÙÙÙ
Ùا ÙÙÙغÙسÙÙاÙÙاÛ
illÄ á¸¥amÄ«maw wa gassÄqÄ
selain air yang mendidih dan nanah,
جÙزÙاۤء٠ÙÙÙÙÙاÙÙاÛ
jazÄ`aw wifÄqÄ
sebagai pembalasan yang setimpal.
اÙÙÙÙÙÙÙ
Ù ÙÙاÙÙÙÙا ÙÙا ÙÙرÙجÙÙÙÙÙ ØÙسÙابÙاÛ
innahum kÄnụ lÄ yarjụna ḥisÄbÄ
Sesungguhnya dahulu mereka tidak pernah mengharapkan perhitungan.
ÙÙÙÙÙØ°ÙÙبÙÙÙا بÙاٰÙٰتÙÙÙا ÙÙØ°ÙÙابÙاÛ
wa każżabụ bi`ÄyÄtinÄ kiżżÄbÄ
Dan mereka benar-benar mendustakan ayat-ayat Kami.
ÙÙÙÙÙÙÙ Ø´ÙÙÙء٠اÙØÙصÙÙÙÙÙ°ÙÙ ÙÙتٰبÙاÛ
wa kulla syai`in aḥṣainÄhu kitÄbÄ
Dan segala sesuatu telah Kami catat dalam suatu Kitab (buku catatan amalan manusia).
ÙÙØ°ÙÙÙÙÙÙÙا ÙÙÙÙÙÙ ÙÙÙزÙÙÙدÙÙÙÙ
٠اÙÙÙÙا عÙØ°ÙابÙا
fa żụqụ fa lan nazÄ«dakum illÄ âażÄbÄ
Maka karena itu rasakanlah! Maka tidak ada yang akan Kami tambahkan kepadamu selain azab.
اÙÙÙÙ ÙÙÙÙÙ
ÙتÙÙÙÙÙÙÙÙ Ù
ÙÙÙازÙاÛ
inna lil-muttaqÄ«na mafÄzÄ
Sungguh, orang-orang yang bertakwa mendapat kemenangan,
ØÙدÙاۤÙÙÙÙÙ ÙÙاÙعÙÙÙابÙاÛ
ḥadÄ`iqa wa aânÄbÄ
(yaitu) kebun-kebun dan buah anggur,
ÙÙÙÙÙÙÙاعÙب٠اÙتÙرÙابÙاÛ
wa kawÄâiba atrÄbÄ
dan gadis-gadis montok yang sebaya,
ÙÙÙÙÙØ£ÙسÙا دÙÙÙاÙÙاÛ
wa ka`san dihÄqÄ
dan gelas-gelas yang penuh (berisi minuman).
ÙÙا ÙÙسÙÙ
ÙعÙÙÙÙÙ ÙÙÙÙÙÙا ÙÙغÙÙÙا ÙÙÙÙÙا ÙÙØ°ÙÙابÙا
lÄ yasmaâụna fÄ«hÄ lagwaw wa lÄ kiżżÄbÄ
Di sana mereka tidak mendengar percakapan yang sia-sia maupun (perkataan) dusta.
جÙزÙاۤء٠Ù
ÙÙÙ٠رÙÙبÙÙÙ٠عÙØ·Ùاۤء٠ØÙسÙابÙاÛ
jazÄ`am mir rabbika âaá¹Ä`an ḥisÄbÄ
Sebagai balasan dan pemberian yang cukup banyak dari Tuhanmu,
رÙÙبÙ٠اÙسÙÙÙ
Ù°Ùٰت٠ÙÙاÙÙاÙرÙض٠ÙÙÙ
Ùا بÙÙÙÙÙÙÙÙ
Ùا اÙرÙÙØÙÙ
Ù°ÙÙ ÙÙا ÙÙÙ
ÙÙÙÙÙÙÙÙÙ Ù
ÙÙÙÙÙ Ø®ÙØ·ÙابÙاÛ
rabbis-samÄwÄti wal-ará¸i wa mÄ bainahumar-raḥmÄni lÄ yamlikụna min-hu khiá¹ÄbÄ
Tuhan (yang memelihara) langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya; Yang Maha Pengasih, mereka tidak mampu berbicara dengan Dia.
ÙÙÙÙÙ
Ù ÙÙÙÙÙÙÙ
٠اÙرÙÙÙÙØÙ ÙÙاÙÙÙ
ÙÙÙ°Û¤ÙÙÙÙÙة٠صÙÙÙÙØ§Û ÙÙÙا ÙÙتÙÙÙÙÙÙÙ
ÙÙÙÙ٠اÙÙÙÙا Ù
ÙÙ٠اÙØ°ÙÙÙ ÙÙÙ٠اÙرÙÙØÙÙ
Ù°Ù
ÙÙÙÙاÙ٠صÙÙÙابÙا
yauma yaqụmur-rụḥu wal-malÄ`ikatu á¹£affal lÄ yatakallamụna illÄ man ażina lahur-raḥmÄnu wa qÄla á¹£awÄbÄ
Pada hari, ketika ruh dan para malaikat berdiri bersaf-saf, mereka tidak berkata-kata, kecuali siapa yang telah diberi izin kepadanya oleh Tuhan Yang Maha Pengasih dan dia hanya mengatakan yang benar.
ذٰÙÙÙ٠اÙÙÙÙÙÙÙ
٠اÙÙØÙÙÙÙÛ ÙÙÙ
ÙÙÙ Ø´Ùاۤء٠اتÙÙØ®Ùذ٠اÙÙٰ٠رÙبÙÙÙÙ Ù
ÙاٰبÙا
żÄlikal-yaumul-ḥaqq, fa man syÄ`attakhaża ilÄ rabbihÄ« ma`ÄbÄ
Itulah hari yang pasti terjadi. Maka barang siapa menghendaki, niscaya dia menempuh jalan kembali kepada Tuhannya.
اÙÙÙÙا٠اÙÙÙØ°ÙرÙÙÙ°ÙÙÙ
٠عÙØ°ÙابÙا ÙÙرÙÙÙبÙا ÛÛ ÙÙÙÙÙÙ
Ù ÙÙÙÙظÙر٠اÙÙÙ
ÙرÙØ¡Ù Ù
Ùا ÙÙدÙÙÙ
Ùت٠ÙÙدÙاÙÙ ÙÙÙÙÙÙÙÙÙ٠اÙÙÙÙ°ÙÙر٠ÙÙ°ÙÙÙÙتÙÙÙÙÙ ÙÙÙÙت٠تÙرÙابÙا
innÄ anżarnÄkum âażÄbang qarÄ«bay yauma yanáºurul-mar`u mÄ qaddamat yadÄhu wa yaqụlul-kÄfiru yÄ laitanÄ« kuntu turÄbÄ
Sesungguhnya Kami telah memperingatkan kepadamu (orang kafir) azab yang dekat, pada hari manusia melihat apa yang telah diperbuat oleh kedua tangannya; dan orang kafir berkata, âAlangkah baiknya seandainya dahulu aku jadi tanah.â
2. Surah An Naziâat
بÙسÙÙ
٠اÙÙÙÙ°Ù٠اÙرÙÙØÙÙ
Ù°Ù٠اÙرÙÙØÙÙÙÙ
Ù
ÙÙاÙÙÙٰزÙعٰت٠غÙرÙÙÙاÛ
wan-nÄziâÄti garqÄ
Demi (malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan keras.
ÙÙÙاÙÙÙٰشÙطٰت٠ÙÙØ´ÙØ·ÙاÛ
wan-nÄsyiá¹Äti nasyá¹Ä
Demi (malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan lemah lembut.
ÙÙÙاÙسÙٰبÙØٰت٠سÙبÙØÙاÛ
was-sÄbiḥÄti sab-ḥÄ
Demi (malaikat) yang turun dari langit dengan cepat,
ÙÙاÙسÙٰبÙÙٰت٠سÙبÙÙÙاÛ
fas-sÄbiqÄti sabqÄ
dan (malaikat) yang mendahului dengan kencang,
ÙÙاÙÙÙ
ÙدÙبÙÙرٰت٠اÙÙ
ÙرÙاÛ
fal-mudabbirÄti amrÄ
dan (malaikat) yang mengatur urusan (dunia).
ÙÙÙÙÙ
٠تÙرÙجÙÙ٠اÙرÙÙاجÙÙÙØ©ÙÛ
yauma tarjufur-rÄjifah
(Sungguh, kamu akan dibangkitkan) pada hari ketika tiupan pertama mengguncangkan alam,
تÙتÙبÙعÙÙÙا اÙرÙÙادÙÙÙØ©Ù Û
tatbaâuhar-rÄdifah
(tiupan pertama) itu diiringi oleh tiupan kedua.
ÙÙÙÙÙÙب٠ÙÙÙÙÙÙ
ÙÙÙÙØ°Ù ÙÙÙاجÙÙÙØ©ÙÛ
qulụbuy yauma`iżiw wÄjifah
Hati manusia pada waktu itu merasa sangat takut,
اÙبÙصÙارÙÙÙا Ø®ÙاشÙعÙØ©Ù Û
abá¹£ÄruhÄ khÄsyiâah
pandangannya tunduk.
ÙÙÙÙÙÙÙÙÙÙÙÙ Ø¡ÙاÙÙÙÙا ÙÙÙ
ÙرÙدÙÙÙدÙÙÙÙÙ ÙÙ٠اÙÙØÙاÙÙرÙØ©ÙÛ
yaqụlụna a innÄ lamardụdụna fil-ḥÄfirah
(Orang-orang kafir) berkata, âApakah kita benar-benar akan dikembalikan kepada kehidupan yang semula?
Ø¡ÙاÙØ°Ùا ÙÙÙÙÙا عÙظÙاÙ
Ùا ÙÙÙØ®ÙرÙØ©Ù Û
a iÅ¼Ä kunnÄ âiáºÄman nakhirah
Apakah (akan dibangkitkan juga) apabila kita telah menjadi tulang belulang yang hancur?â
ÙÙاÙÙÙÙا تÙÙÙÙ٠اÙØ°Ùا ÙÙرÙÙØ©Ù Ø®ÙاسÙرÙØ©Ù Û
qÄlụ tilka iżang karratun khÄsirah
Mereka berkata, âKalau demikian, itu adalah suatu pengembalian yang merugikan.â
ÙÙاÙÙÙÙÙ
Ùا ÙÙÙ٠زÙجÙرÙØ©Ù ÙÙÙاØÙدÙØ©ÙÛ
fa innamÄ hiya zajratuw wÄḥidah
Maka pengembalian itu hanyalah dengan sekali tiupan saja.
ÙÙاÙØ°Ùا ÙÙÙ
٠بÙاÙسÙÙاÙÙرÙØ©ÙÛ
fa iÅ¼Ä hum bis-sÄhirah
Maka seketika itu mereka hidup kembali di bumi (yang baru).
ÙÙÙ٠اÙتٰÙÙÙ ØÙدÙÙÙØ«Ù Ù
ÙÙÙسٰÙÛ
hal atÄka ḥadīṡu mụsÄ
Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) kisah Musa?
اÙØ°Ù ÙÙادٰÙÙ٠رÙبÙÙÙ٠بÙاÙÙÙÙاد٠اÙÙÙ
ÙÙÙدÙÙس٠طÙÙÙÙÛ
iż nÄdÄhu rabbuhụ bil-wÄdil-muqaddasi á¹uwÄ
Ketika Tuhan memanggilnya (Musa) di lembah suci yaitu Lembah Tuwa;
اÙØ°ÙÙÙب٠اÙÙÙ°Ù ÙÙرÙعÙÙÙÙ٠اÙÙÙÙÙÙ Ø·ÙغٰÙÛ
iż-hab ilÄ firâauna innahụ á¹agÄ
pergilah engkau kepada Firâaun! Sesungguhnya dia telah melampaui batas,
ÙÙÙÙÙÙ ÙÙÙÙ ÙÙÙÙ٠اÙÙÙ°Ù٠اÙÙ٠تÙزÙÙÙÙ°ÙÛ
fa qul hal laka ilÄ an tazakkÄ
Maka katakanlah (kepada Firâaun), âAdakah keinginanmu untuk membersihkan diri (dari kesesatan),
ÙÙاÙÙÙدÙÙÙÙ٠اÙÙٰ٠رÙبÙÙÙÙ ÙÙتÙØ®ÙشٰÙÛ
wa ahdiyaka ilÄ rabbika fa takhsyÄ
dan engkau akan kupimpin ke jalan Tuhanmu agar engkau takut kepada-Nya?â
ÙÙاÙرٰÙÙ٠اÙÙاٰÙÙة٠اÙÙÙÙبÙرٰÙÛ
fa arÄhul-Äyatal-kubrÄ
Lalu (Musa) memperlihatkan kepadanya mukjizat yang besar.
ÙÙÙÙØ°ÙÙب٠ÙÙعÙصٰÙÛ
fa każżaba wa âaá¹£Ä
Tetapi dia (Firâaun) mendustakan dan mendurhakai.
Ø«ÙÙ
Ù٠اÙدÙبÙر٠ÙÙسÙعٰÙÛ
ṡumma adbara yasâÄ
Kemudian dia berpaling seraya berusaha menantang (Musa).
ÙÙØÙØ´Ùر٠ÙÙÙÙادٰÙÛ
fa ḥasyara fa nÄdÄ
Kemudian dia mengumpulkan (pembesar-pembesarnya) lalu berseru (memanggil kaumnya).
ÙÙÙÙاÙ٠اÙÙÙØ§Û Ø±ÙبÙÙÙÙÙ
٠اÙÙاÙعÙÙÙ°ÙÛ
fa qÄla ana rabbukumul-aâlÄ
(Seraya) berkata, âAkulah tuhanmu yang paling tinggi.â
ÙÙاÙØ®ÙØ°ÙÙ٠اÙÙÙÙ°ÙÙ ÙÙÙÙاÙ٠اÙÙاٰخÙرÙØ©Ù ÙÙاÙÙاÙÙÙÙÙ°ÙÛ
fa akhażahullÄhu nakÄlal-Äkhirati wal-ụlÄ
Maka Allah menghukumnya dengan azab di akhirat dan siksaan di dunia.
اÙÙÙÙ ÙÙÙ٠ذٰÙÙÙÙ ÙÙعÙبÙرÙØ©Ù ÙÙÙÙ
ÙÙÙ ÙÙÙØ®Ùشٰ٠Û
inna fÄ« żÄlika laâibratal limay yakhsyÄ
Sungguh, pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang yang takut (kepada Allah).
Ø¡ÙاÙÙÙتÙÙ
٠اÙØ´ÙدÙÙ Ø®ÙÙÙÙÙا اÙÙ
٠اÙسÙÙÙ
ÙØ§Û¤Ø¡Ù Û Ø¨ÙÙÙ°ÙÙÙاÛ
a antum asyaddu khalqan amis-samÄ`, banÄhÄ
Apakah penciptaan kamu yang lebih hebat ataukah langit yang telah dibangun-Nya?
رÙÙÙع٠سÙÙ
ÙÙÙÙÙا ÙÙسÙÙÙÙ°ÙÙÙاÛ
rafaâa samkahÄ fa sawwÄhÄ
Dia telah meninggikan bangunannya lalu menyempurnakannya,
ÙÙاÙغÙØ·ÙØ´Ù ÙÙÙÙÙÙÙÙا ÙÙاÙØ®ÙرÙج٠ضÙØÙ°ÙÙÙاÛ
wa agá¹asya lailahÄ wa akhraja á¸uḥÄhÄ
dan Dia menjadikan malamnya (gelap gulita), dan menjadikan siangnya (terang benderang).
ÙÙاÙÙاÙرÙض٠بÙعÙد٠ذٰÙÙÙ٠دÙØÙ°ÙÙÙاÛ
wal-ará¸a baâda żÄlika daḥÄhÄ
Dan setelah itu bumi Dia hamparkan.
اÙØ®ÙرÙج٠Ù
ÙÙÙÙÙا Ù
ÙاۤءÙÙÙا ÙÙÙ
ÙرÙعٰÙÙÙاÛ
akhraja min-hÄ mÄ`ahÄ wa marâÄhÄ
Darinya Dia pancarkan mata air, dan (ditumbuhkan) tumbuh-tumbuhannya.
ÙÙاÙÙجÙبÙاÙ٠اÙرÙسٰÙÙÙاÛ
wal-jibÄla arsÄhÄ
Dan gunung-gunung Dia pancangkan dengan teguh.
Ù
ÙتÙاعÙا ÙÙÙÙÙÙ
Ù ÙÙÙÙاÙÙÙعÙاÙ
ÙÙÙÙ
ÙÛ
matÄâal lakum wa li`anâÄmikum
(Semua itu) untuk kesenanganmu dan untuk hewan-hewan ternakmu.
ÙÙاÙØ°Ùا جÙاۤءÙت٠اÙØ·ÙÙاۤÙ
ÙÙة٠اÙÙÙÙبÙرٰÙÛ
fa iÅ¼Ä jÄ`atiá¹-á¹Ämmatul-kubrÄ
Maka apabila malapetaka besar (hari Kiamat) telah datang,
ÙÙÙÙÙ
Ù ÙÙتÙØ°ÙÙÙÙر٠اÙÙاÙÙÙسÙاÙÙ Ù
Ùا سÙعٰÙÛ
yauma yatażakkarul-insÄnu mÄ saâÄ
yaitu pada hari (ketika) manusia teringat akan apa yang telah dikerjakannya,
ÙÙبÙرÙÙزÙت٠اÙÙجÙØÙÙÙÙ
Ù ÙÙÙ
ÙÙÙ ÙÙÙرٰÙ
wa burrizatil-jaḥīmu limay yarÄ
dan neraka diperlihatkan dengan jelas kepada setiap orang yang melihat.
ÙÙاÙÙ
ÙÙا Ù
ÙÙÙ Ø·ÙغٰÙÛ
fa ammÄ man á¹agÄ
Maka adapun orang yang melampaui batas,
ÙÙاٰثÙر٠اÙÙØÙÙÙ°Ùة٠اÙدÙÙÙÙÙÙاÛ
wa Äṡaral-ḥayÄtad-dun-yÄ
dan lebih mengutamakan kehidupan dunia,
ÙÙاÙÙÙ٠اÙÙجÙØÙÙÙÙ
Ù ÙÙÙ٠اÙÙÙ
ÙØ£ÙÙÙ°ÙÛ
fa innal-jaḥīma hiyal-ma`wÄ
maka sungguh, nerakalah tempat tinggalnya.
ÙÙاÙÙ
ÙÙا Ù
ÙÙÙ Ø®ÙاÙÙ Ù
ÙÙÙاÙ
٠رÙبÙÙÙÙ ÙÙÙÙÙÙ٠اÙÙÙÙÙÙس٠عÙÙ٠اÙÙÙÙÙÙ°ÙÛ
wa ammÄ man khÄfa maqÄma rabbihÄ« wa nahan-nafsa âanil-hawÄ
Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari (keinginan) hawa nafsunya,
ÙÙاÙÙÙ٠اÙÙجÙÙÙÙØ©Ù ÙÙÙ٠اÙÙÙ
ÙØ£ÙÙÙ°ÙÛ
fa innal-jannata hiyal-ma`wÄ
maka sungguh, surgalah tempat tinggal(nya).
ÙÙسÙÙÙÙÙÙÙÙÙÙÙ٠عÙÙ٠اÙسÙÙاعÙة٠اÙÙÙÙاÙÙ Ù
ÙرÙسٰÙÙÙاÛ
yas`alụnaka âanis-sÄâati ayyÄna mursÄhÄ
Mereka (orang-orang kafir) bertanya kepadamu (Muhammad) tentang hari Kiamat, âKapankah terjadinya?â
ÙÙÙÙÙ
٠اÙÙÙت٠Ù
ÙÙÙ Ø°ÙÙÙرٰÙÙÙاÛ
fÄ«ma anta min żikrÄhÄ
Untuk apa engkau perlu menyebutkannya (waktunya)?
اÙÙٰ٠رÙبÙÙÙÙ Ù
ÙÙÙتÙÙÙ°ÙÙÙاÛ
ilÄ rabbika muntahÄhÄ
Kepada Tuhanmulah (dikembalikan) kesudahannya (ketentuan waktunya).
اÙÙÙÙÙ
Ùا٠اÙÙÙت٠Ù
ÙÙÙØ°Ùر٠Ù
ÙÙÙ ÙÙÙØ®ÙشٰÙÙÙاÛ
innamÄ anta munżiru may yakhsyÄhÄ
Engkau (Muhammad) hanyalah pemberi peringatan bagi siapa yang takut kepadanya (hari Kiamat).
ÙÙاÙÙÙÙÙÙÙ
Ù ÙÙÙÙÙ
Ù ÙÙرÙÙÙÙÙÙÙا ÙÙÙ
Ù ÙÙÙÙبÙØ«ÙÙÙÙا اÙÙÙÙا عÙØ´ÙÙÙÙة٠اÙÙ٠ضÙØÙ°ÙÙÙا
ka`annahum yauma yaraunahÄ lam yalbaṡū illÄ âasyiyyatan au á¸uḥÄhÄ
Pada hari ketika mereka melihat hari Kiamat itu (karena suasananya hebat), mereka merasa seakan-akan hanya (sebentar saja) tinggal (di dunia) pada waktu sore atau pagi hari.
3. Surah Abasa
بÙسÙÙ
٠اÙÙÙÙ°Ù٠اÙرÙÙØÙÙ
Ù°Ù٠اÙرÙÙØÙÙÙÙ
Ù
عÙبÙس٠ÙÙتÙÙÙÙÙÙ°ÙÙÛ
âabasa wa tawallÄ
Dia (Muhammad) berwajah masam dan berpaling,
اÙÙ٠جÙاۤءÙÙ٠اÙÙاÙعÙÙ
Ù°ÙÛ
an jÄ`ahul-aâmÄ
karena seorang buta telah datang kepadanya (Abdullah bin Ummi Maktum).
ÙÙÙ
Ùا ÙÙدÙرÙÙÙÙÙ ÙÙعÙÙÙÙÙÙ ÙÙزÙÙÙÙÙ°ÙÙÛ
wa mÄ yudrÄ«ka laâallahụ yazzakkÄ
Dan tahukah engkau (Muhammad) barangkali dia ingin menyucikan dirinya (dari dosa),
اÙÙÙ ÙÙØ°ÙÙÙÙÙر٠ÙÙتÙÙÙÙÙعÙÙ٠اÙØ°ÙÙÙÙرٰÙÛ
au yażżakkaru fa tanfaâahuż-żikrÄ
atau dia (ingin) mendapatkan pengajaran, yang memberi manfaat kepadanya?
اÙÙ
ÙÙا Ù
ÙÙ٠اسÙتÙغÙÙÙ°ÙÛ
ammÄ manistagnÄ
Adapun orang yang merasa dirinya serba cukup (pembesar-pembesar Quraisy),
ÙÙاÙÙÙت٠ÙÙÙ٠تÙصÙدÙÙ°ÙÛ
fa anta lahụ taá¹£addÄ
maka engkau (Muhammad) memberi perhatian kepadanya,
ÙÙÙ
Ùا عÙÙÙÙÙÙ٠اÙÙÙÙا ÙÙزÙÙÙÙÙ°ÙÛ
wa mÄ âalaika allÄ yazzakkÄ
padahal tidak ada (cela) atasmu kalau dia tidak menyucikan diri (beriman).
ÙÙاÙÙ
ÙÙا Ù
ÙÙ٠جÙاۤءÙÙÙ ÙÙسÙعٰÙÛ
wa ammÄ man jÄ`aka yasâÄ
Dan adapun orang yang datang kepadamu dengan bersegera (untuk mendapatkan pengajaran),
ÙÙÙÙÙÙ ÙÙØ®ÙشٰÙÛ
wa huwa yakhsyÄ
sedang dia takut (kepada Allah),
ÙÙاÙÙÙت٠عÙÙÙÙ٠تÙÙÙÙÙÙ°ÙÛ
fa anta âan-hu talahhÄ
engkau (Muhammad) malah mengabaikannya.
ÙÙÙÙÙا٠اÙÙÙÙÙÙا تÙØ°ÙÙÙرÙØ©Ù Û
kallÄ innahÄ tażkirah
Sekali-kali jangan (begitu)! Sungguh, (ajaran-ajaran Allah) itu suatu peringatan,
ÙÙÙ
ÙÙÙ Ø´Ùاۤء٠ذÙÙÙرÙÙÙ Û
fa man syÄ`a żakarah
maka barangsiapa menghendaki, tentulah dia akan memperhatikannya,
ÙÙÙ٠صÙØÙÙÙ Ù
ÙÙÙÙرÙÙÙ
ÙØ©ÙÛ
fī ṣuḥufim mukarramah
di dalam kitab-kitab yang dimuliakan (di sisi Allah),
Ù
ÙÙرÙÙÙÙÙعÙØ©Ù Ù
ÙÙØ·ÙÙÙÙرÙØ©Ù Û¢ Û
marfụâatim muá¹ahharah
yang ditinggikan (dan) disucikan,
بÙاÙÙÙدÙÙ٠سÙÙÙرÙØ©ÙÛ
bi`aidī safarah
di tangan para utusan (malaikat),
ÙÙرÙاÙ
ÙÛ¢ بÙرÙرÙØ©ÙÛ
kirÄmim bararah
yang mulia lagi berbakti.
ÙÙتÙÙ٠اÙÙاÙÙÙسÙاÙÙ Ù
Ùا٠اÙÙÙÙÙرÙÙÙÛ
qutilal-insÄnu mÄ akfarah
Celakalah manusia! Alangkah kufurnya dia!
Ù
ÙÙ٠اÙÙÙÙ Ø´ÙÙÙØ¡Ù Ø®ÙÙÙÙÙÙÙÛ
min ayyi syai`in khalaqah
Dari apakah Dia (Allah) menciptakannya?
Ù
ÙÙÙ ÙÙÙØ·ÙÙÙØ©ÙÛ Ø®ÙÙÙÙÙÙÙ ÙÙÙÙدÙÙرÙÙÙÛ
min nuá¹fah, khalaqahụ fa qaddarah
Dari setetes mani, Dia menciptakannya lalu menentukannya.
Ø«ÙÙ
Ù٠اÙسÙÙبÙÙÙÙÙ ÙÙسÙÙرÙÙÙÛ
ṡummas-sabīla yassarah
Kemudian jalannya Dia mudahkan,
Ø«ÙÙ
Ù٠اÙÙ
ÙاتÙÙÙ ÙÙاÙÙÙبÙرÙÙÙÛ
ṡumma amÄtahụ fa aqbarah
kemudian Dia mematikannya lalu menguburkannya,
Ø«ÙÙ
Ù٠اÙØ°Ùا Ø´Ùاۤء٠اÙÙÙØ´ÙرÙÙÙÛ
ṡumma iÅ¼Ä syÄ`a ansyarah
kemudian jika Dia menghendaki, Dia membangkitkannya kembali.
ÙÙÙÙÙا ÙÙÙ
ÙÙا ÙÙÙÙض٠Ù
Ùا٠اÙÙ
ÙرÙÙÙÛ
kallÄ lammÄ yaqá¸i mÄ amarah
Sekali-kali jangan (begitu)! Dia (manusia) itu belum melaksanakan apa yang Dia (Allah) perintahkan kepadanya.
ÙÙÙÙÙÙÙÙظÙر٠اÙÙاÙÙÙسÙاÙ٠اÙÙÙ°Ù Ø·ÙعÙاÙ
ÙÙÙÙ Û
falyanáºuril-insÄnu ilÄ á¹aâÄmih
Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya.
اÙÙÙÙا صÙبÙبÙÙÙا اÙÙÙ
Ùاۤء٠صÙبÙÙاÛ
annÄ á¹£ababnal-mÄ`a á¹£abbÄ
Kamilah yang telah mencurahkan air melimpah (dari langit),
Ø«ÙÙ
ÙÙ Ø´ÙÙÙÙÙÙÙا اÙÙاÙرÙض٠شÙÙÙÙاÛ
ṡumma syaqaqnal-ará¸a syaqqÄ
kemudian Kami belah bumi dengan sebaik-baiknya,
ÙÙاÙÙÙۢبÙتÙÙÙا ÙÙÙÙÙÙا ØÙبÙÙاÛ
fa ambatnÄ fÄ«hÄ á¸¥abbÄ
lalu di sana Kami tumbuhkan biji-bijian,
ÙÙÙعÙÙÙبÙا ÙÙÙÙÙضÙبÙاÛ
wa âinabaw wa qaá¸bÄ
dan anggur dan sayur-sayuran,
ÙÙÙزÙÙÙتÙÙÙÙÙا ÙÙÙÙÙØ®ÙÙÙاÛ
wa zaitụnaw wa nakhlÄ
dan zaitun dan pohon kurma,
ÙÙÙØÙدÙاۤئÙÙ٠غÙÙÙبÙا
wa ḥadÄ`iqa gulbÄ
dan kebun-kebun (yang) rindang,
ÙÙÙÙاÙÙÙÙØ©Ù ÙÙÙاÙبÙÙا
wa fÄkihataw wa abbÄ
dan buah-buahan serta rerumputan.
Ù
ÙتÙاعÙا ÙÙÙÙÙÙ
Ù ÙÙÙÙاÙÙÙعÙاÙ
ÙÙÙÙ
ÙÛ
matÄâal lakum wa li`anâÄmikum
(Semua itu) untuk kesenanganmu dan untuk hewan-hewan ternakmu.
ÙÙاÙØ°Ùا جÙاۤءÙت٠اÙصÙÙاۤخÙÙØ©Ù Û
fa iÅ¼Ä jÄ`atiá¹£-á¹£Äkhkhah
Maka apabila datang suara yang memekakkan (tiupan sangkakala yang kedua),
ÙÙÙÙÙ
Ù ÙÙÙÙرÙ٠اÙÙÙ
ÙرÙØ¡Ù Ù
ÙÙ٠اÙØ®ÙÙÙÙÙÛ
yauma yafirrul-mar`u min akhīh
pada hari itu manusia lari dari saudaranya,
ÙÙاÙÙ
ÙÙÙÙ ÙÙاÙبÙÙÙÙÙÛ
wa ummihī wa abīh
dan dari ibu dan bapaknya,
ÙÙصÙاØÙبÙتÙÙÙ ÙÙبÙÙÙÙÙÙÙÛ
wa á¹£ÄḥibatihÄ« wa banÄ«h
dan dari istri dan anak-anaknya.
ÙÙÙÙÙÙ٠اÙ
ÙرÙئ٠Ù
ÙÙÙÙÙÙÙ
Ù ÙÙÙÙÙ
ÙÙÙÙØ°Ù Ø´ÙØ£ÙÙÙ ÙÙÙغÙÙÙÙÙÙÙÛ
likullimri`im min-hum yauma`iżin sya`nuy yugnīh
Setiap orang dari mereka pada hari itu mempunyai urusan yang menyibukkannya.
ÙÙجÙÙÙÙÙ ÙÙÙÙÙÙ
ÙÙÙÙØ°Ù Ù
ÙÙسÙÙÙرÙØ©ÙÛ
wujụhuy yauma`iżim musfirah
Pada hari itu ada wajah-wajah yang berseri-seri,
ضÙاØÙÙÙØ©Ù Ù
ÙÙسÙتÙبÙØ´ÙرÙØ©Ù Û
á¸Äḥikatum mustabsyirah
tertawa dan gembira ria,
ÙÙÙÙجÙÙÙÙÙ ÙÙÙÙÙÙ
ÙÙÙÙذ٠عÙÙÙÙÙÙÙا غÙبÙرÙØ©ÙÛ
wa wujụhuy yauma`iżin âalaihÄ gabarah
dan pada hari itu ada (pula) wajah-wajah yang tertutup debu (suram),
تÙرÙÙÙÙÙÙÙا ÙÙتÙرÙØ©Ù Û
tarhaquhÄ qatarah
tertutup oleh kegelapan (ditimpa kehinaan dan kesusahan).
اÙÙÙÙ°Û¤ÙÙÙÙÙ ÙÙÙ
٠اÙÙÙÙÙÙرÙة٠اÙÙÙÙجÙرÙØ©Ù
ulÄ`ika humul-kafaratul-fajarah
Mereka itulah orang-orang kafir yang durhaka.
Surah Juz 30 Lainnya adalah;
4. At Takwiir (Menggulung) surat ke-81 terdiri dari 29 ayat
5. Al Infithaar (Terbelah) surat ke-82 terdiri dari 19 ayat
6. Al Muthaffifiin (Orang-orang yang Curang) surat ke-83 terdiri dari 36 ayat
7. Al Insyiqaaq (Terbelah) surat ke-84 terdiri dari 25 ayat
8. Al Buruuj (Gugusan Bintang) surat ke-85 terdiri dari 22 ayat
9. Ath Thaariq (Yang Datang di Malam Hari) surat ke-86 terdiri dari 17 ayat
10. Al Aâlaa (yang Paling Tinggi) surat ke-87 terdiri dari 19 ayat
11. Al Ghaasyiyah (Hari Pembalasan) surat ke-88 terdiri dari 26 ayat
12. Al Fajr (Fajar) surat ke-89 terdiri dari 30 ayat
13. Al Balad (Negeri) surat ke-90 terdiri dari 20 ayat
14. Asy Syams (Matahari) surat ke-91 terdiri dari 15 ayat
15. Al Lail (Malam) surat ke-92 terdiri dari 21 ayat
16. Adh Dhuhaa (Waktu Dhuha atau Waktu Matahari Sepenggalahan Naik) surat ke-93 terdiri dari 11 ayat
17. Al Insyirah (Melapangkan) surat ke-94 terdiri dari 8 ayat
18. At Tin (Buah Tin) surat ke-95 terdiri dari 8 ayat
19. Al Alaq (Segumpal Darah) surat ke-96 terdiri dari 19 ayat
20. Al Qadr (Kemuliaan) surat ke-97 terdiri dari 5 ayat
21. Al Bayyinah (Pembuktian) surat ke-98 terdiri dari 8 ayat
22. Al Zalzalah (Kegoncangan) surat ke-99 terdiri dari 8 ayat
23. Al âAadiyaat (Kuda yang Berlari Kencang) surat ke-100 terdiri dari 11 ayat
24. Al Qaariâah (Hari Kiamat) surat ke-101 terdiri dari 11 ayat
25. At Takaatsur (Bermegah-megahan) surat ke-102 terdiri dari 8 ayat
26. Al Ashr (Demi Masa atau Waktu) surat ke-103 terdiri dari 3 ayat
27. Al Humazah (Pengumpat) surat ke-104 terdiri dari 9 ayat
28. Al Fiil (Gajah) surat ke-105 terdiri dari 5 ayat
29. Quraisy (Suku Quraisy) surat ke-106 terdiri dari 4 ayat
30. Al Maaâuun (Barang-barang yang Berguna) surat ke-107 terdiri dari 7 ayat
31. Al Kautsar (Nikmat yang Banyak atau Berlimpah) surat ke-108 terdiri dari 3 ayat
32. Al Kaafiruun (Orang-orang Kafir) surat ke-109 terdiri dari 6 ayat
33. An Nashr (Pertolongan) surat ke-110 terdiri dari 3 ayat
34. Al Lahab (Gejolak Api atau Sabut) surat ke-111 terdiri dari 5 ayat
35. Al Ikhlash (Memurnikan Keesaan Allah atau Ikhlas) surat ke-112 terdiri dari 4 ayat
36. Al Falaq (Waktu Subuh) surat ke-113 terdiri dari 5 ayat
37. An Naas (Umat Manusia) surat ke-114 terdiri dari 6 ayat
Manfaat Membaca Al-Quran Setiap Hari
1. Mendapatkan pahala dan kebaikan
Membaca Al-Qurâan dapat menjadikan suasana sekitar menjadi lebih damai, tenang dan penuh dengan keberkahan. Maka dari itu seseorang yang membaca Alquran akan mendapatkan pahala yang berlipatganda dan kebaikan dari Allah SWT sebagai manusia yang soleh. Seperti hadits riwayat dari yirmidzi bahwa,
âBarang siapa yang membaca satu huruf saja dari kitabullah maka seseorang akan mendapatkan kebaikan satu kali, tetapi setiap kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kalinya.â
2. Mendapatkan derajat dan wibawa lebih baik
Membaca Al-Qurâan dapat membuat seseorang terlihat semakin bercahaya dan penuh wibawa. Kondisi ini dapat membuat seseorang menjadi lebih disayangi, dihormati dan dihargai banyak orang. Seperti hadits yang menyatakan:
âOrang-orang yang hebat dalam membaca Al-Qurâan akan selalu ditemani para malaikat pencatat yang paling dimuliakan dan taat kepada Allah SWT dan orang-orang yang terbata-bata membaca Al-Qurâan lalu bersusah payah mempelajarinya maka dia akan mendapatkan dua kali pahala.â (HR. Bukhari)
3. Memperoleh rahmat dan lindungan oleh malaikat
Membaca Al-Qurâan dengan hati yang tenang dan sabar dapat mendatangkan rahmat dari Allah SWT dan mendapatkan perlindungan dari para malaikat dari kejahatan yang terlihat maupun tidak terlihat. Seperti hadits yang menyatakan:
âKetika para kaum muslim berkumpul dimasjid-masjid Allah dan mereka membaca Al-Qurâan serta memnpelajarinya, maka akan datang kepada mereka ketentraman, rahmat Allah dan dilindungi malaikat-malaikat dan Allah menyebut mereka dihadapan makhluk yang ada didekatnya.â